Cilacap, (Antaranews Jateng) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menggelar tes urine secara mendadak bagi awak angkutan umum di Unit Pelaksana Teknis Terminal Bus Tipe C Karangpucung.

Tes urine yang digelar Jumat sore itu diikuti 50 sopir dan kru angkutan umum, baik antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun antarkota dalam provinsi (AKDP).

Kepala BNNK Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Triatmo Hamardiyono mengatakan sasaran tes urine adalah para sopir dan kru angkutan umum yang akan berangkat maupun yang singgah di Terminal Karangpucung.

Menurut dia, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai pemindaian (screening) bagi para sopir dan kru angkutan umum agar tidak menyalahgunakan narkoba yang dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan lain.

"Kegiatan ini penting sekali untuk memastikan agar para pengemudi angkutan umum tidak menggunakan narkoba sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang terjamin," tegasnya.

Ia mengatakan tes urine bagi awak angkutan umum sejalan dengan instruksi Presiden RI dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk menjaga ketertiban dan keselamatan para pengguna jalan pada musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Dari 50 sampel urine yang diambil, kata dia, didapati seluruhnya negatif dari narkoba.

Dengan demikian, seluruh awak angkutan umum yang menjalani tes urine diketahui bebas dari narkoba.

"Alhamdulillah, kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Kendati bertipe C yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah kabupaten, Terminal Bus Karangpucung disinggahi berbagai bus AKAP yang melintas di jalur selatan Jateng.

Bahkan, Terminal Karangpucung merupakan tujuan akhir sejumlah bus AKAP dari arah Jakarta maupun Bandung.

Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024