Temanggung, ANTARA JATENG - Ratusan penyandang disabilitas dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pentas kesenian di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung, Jawa Tengah.

Kepala BBRSBG Kartini Temanggung Muhardjani di Temanggung, Kamis, mengatakan mereka tampil dalam pentas kesenian untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Selain dari BBRSBG Kartini Temanggung, para pengandang disabilitas tersebut berasal dari sejumlah sekolah luar biasa (SLB) Sragen, Surakarta, Semarang, Salatiga, Magelang, Temanggung, dan Yogyakarta.

Mereka tampil dengan membawakan berbagai tarian di aula BBRSBG Kartini Temanggung sehingga membuat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tersebut berlangsung semarak.

Pada peringatan HDI tersebut juga digelar peragaan busana batik ciprat oleh para penyandang disabilitas dari BBRSBG Kartini Temanggung.

Muhardjani mengatakan pergelaran pentas seni merupakan wahana bagi penyandang disabilitas untuk menunjukkan kemampuan dan prestasi di bidang seni seklaigus sebagai wujud nyata hasil dari proses rehabilitasi yang telah dilaksanakan dan merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah sebagai salah satu upaya dalam pengentasan permasalahan penyandang disabilitas.

Ia menuturkan kegiatan itu merupakan wahana terjalinnya kerja sama dan kemitraan antarlembaga yang kurang lebih mempunyai visi dan misi sama dalam rangka pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan sosial bagi para penyandang disabilitas.

"Hal ini diwujudkan dengan adanya koordinasi yang baik antarinstitusi sosial, pemerintah daerah, dan SLB-SLB," katanya.

Menurut dia, kegiatan itu juga wahana kampanye sosial untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang keberadaan, potensi, dan permasalahan para penyandang disabilitas, khususnya disabilitas intelektual, serta berbagai kebijakan pemerintah dalam penanganannya sehingga diharapkan dapat menggugah partisipasi masyarakat guna membantu mengupayakan pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan mereka.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno yang hadir dalam HDI tersebut, mengaku terus memberi perhatian kepada penyandang disabilitas di Temanggung, salah satunya memberikan fasilitas khusus disabilitas dengan keramik warna kuning di beberapa jalan protokol dan taman yang ada di Temanggung.

"Di Alun-Alun Temanggung juga kami beri akses untuk kursi roda bagi penyandang disabilitas. Jadi anak-anak penyandang disabilitas bisa diajak bermain di Taman Pancasila atau di Alun-Alun Temanggung," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024