Semarang, ANTARA JATENG -  Kantor Berita Antara melalui unit usahanya, Antara School of Journalism (ASJ), menyelenggarakan pelatihan jurnalistik terpadu di Kota Semarang.

Pelatihan yang berlangsung Selasa hingga Jumat (7-10 Maret 2017) dan diikuti para praktisi kehumasan dari badan usaha milik negara (BUMN) dan pemerintah daerah ini setiap harinya berlangsung dari pagi hingga petang.

Adapun materi pelatihan, antara lain, dasar-dasar jurnalistik, fotografi, dan penulisan siaran pers. Pemateri berasal dari kalangan jurnalis tulis dan foto berpengalaman kantor berita Indonesia tersebut.

Manajer ASJ, Teguh Priyanto, menyatakan peserta bakal memperoleh teori dan praktik selama mengikuti pelatihan sehingga begitu selesai, mereka memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan menulis dan memotret.

"Peserta akan ditugaskan ke lapangan untuk menulis reportase dan memotret," katanya.

ASJ secara berkala menggelar pelatihan jurnalistik terpadu di berbagai daerah dengan jumlah peserta terbatas demi menjaga efektivitas hasil (ouput). Hingga saat ini ASJ sudah menggelar delapan kali pelatihan sejenis dengan menghasilkan sekitar 100 lulusan.    

Antara Biro Jawa Tengah pada 6 April 2017 juga akan menggelar pelatihan dengan materi khusus penulisan siaran pers (press release) yang efektif dengan investasi hanya Rp300.000/peserta. Kegiatan diselengarakan di salah satu hotel terbaru di Kota Semarang.

Pewarta : Achmad Zaenal M
Editor :
Copyright © ANTARA 2024