Terdampak rob, aktivitas lelang ikan TPI Wonokerto Pekalongan dipercepat

id pelelangan ikan,tpi pekalongan,nelayan

Terdampak rob, aktivitas lelang ikan TPI Wonokerto Pekalongan dipercepat

Para bakul ikan di Tempat Pelalangan Ikan Kota Pekalongan sedang mengemasi ikan ke dalam plastik untuk dijual kembali. ANTARA/Kutnadi

Pekalongan (ANTARA) - Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jambean Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, saat ini dipercepat karena lokasinya terdampak rob.

"Akses jalan menuju ke TPI Wonokerto tergenang banjir rob sehingga kondisinya mengganggu masyarakat dan bakul ikan. Bakul ikan yang akan melakukan transaksi lelang di TPI merasa tidak nyaman," kata Kepala TPI setempat Harwoyo Setiawan di Pekalongan, Jumat.

Dia mengatakan keberadaan TPI idealnya dipindah karena lokasinya di sebelah utara tanggul dan apabila terus ditinggikan hanya akan memboroskan anggaran dana karena setiap tahunnya tergenang rob.

Baca juga: Pandemi COVID-19 tidak pengaruhi aktivitas lelang TPI Batang

"Lokasi TPI Jambean Wonokerto ini berada di sebelah sungai, sehingga setiap tahunnya tergenang rob. Kondisi memberikan ketidaknyamanan para bakul ikan yang akan mengikuti proses lelang ikan," katanya.

Menurut dia, pada kondisi normal aktivitas lelang ikan di TPI Jambean Wonokerto biasanya dilakukan mulai pukul 13.00 WIB namun saat ini sudah dimulai pukul 11.00 WIB sebagai upaya menghindari rob.

"Akibatnya mau atau tidak mau maka kapal nelayan harus pulang untuk lelang di TPI pukul 11.00 WIB. Jika tidak, maka lelang ikan akan bersamaan dengan datangnya rob," katanya.

Ia mengaku dengan percepatan aktivitas lelang ikan maka berdampak terhadap berkurangnya produktivitas penangkapan ikan karena kapal nelayan lokal yang melaut akan memilih pulang lebih cepat, sedang hasil ikan yang diperoleh mereka selama melaut belum maksimal.

Baca juga: Aktivitas TPI Pekalongan masih normal


 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar