Jadwal Piala FA: Liverpool lawan Everton hingga lakon Arteta vs Bielsa

id jadwal Piala FA

Jadwal Piala FA:  Liverpool  lawan Everton hingga lakon Arteta vs Bielsa

Ilustrasi Piala FA (REUTERS/ANTARA News/Grafis)

Jakarta (ANTARA) - Akhir pekan ini klub-klub Liga Inggris bakal mulai bersaing dalam putaran ketiga Piala FA, sebagian cukup beruntung bertemu lawan dari kasta lebih rendah, yang lainnya harus menghadapi sesama tim Liga Premier.

Derby Merseyside antara Liverpool kontra Everton bakal menjadi sajian utama dari rangkaian putaran ketiga Piala FA yang mulai bergulir sejak Sabtu (4/1) hingga Selasa (6/1) dini hari WIB.

Baca juga: Hasil undian Piala FA diwarnai Derby Merseyside

Tak sampai sebulan silam Liverpool berjaya melumat Everton 5-2 dalam Derby Merseyside edisi Liga Premier, yang berujung kepada pemecatan Marco Silva dari kursi manajer The Toffees.

Kini, Everton ditukangi oleh Carlo Ancelotti dan sejauh ini tiga pertandingan awalnya relatif berbuah positif, dua kemenangan dan sekali kalah. Kekalahan datang dari juara bertahan Liga Inggris Manchester City.

Jika reputasi tiga kali juara Liga Champions tak cukup menimbulkan optimisme bagi Everton atas kedatangan Ancelotti, ada satu catatan lain yang mentereng, yakni menjadi satu-satunya pelatih yang bisa mengalahkan Liverpool musim ini sekaligus memetik satu poin saat main imbang di Anfield bersama Napoli di penyisihan Grup E Liga Champions.

Aston Villa memang sukses melumat Liverpool 5-0 di babak perempat final Piala Liga Inggris pertengahan Desember lalu, tapi yang dihadapi tim besutan Dean Smith kala itu adalah tim U-23 Liverpool sebab tim seniornya sudah bertolak ke Qatar untuk kemudian menjuarai Piala Dunia Antarklub.

Baca juga: Ancelotti bawa catatan positif lawan Liverpool jelang Derby Merseyside

Dengan demikian, praktis Don Carletto menjadi satu-satunya pelatih yang punya rumus jitu untuk membendung pasukan arahan Juergen Klopp musim ini. Hal itu berpeluang mengantarkan kemenangan perdana Everton di Anfield sejak 1999.

Bulir-bulir optimisme mungkin mengalir di kubu Everton, tetapi Liverpool tentu tak ingin superioritas mereka musim ini ternodai (tanpa terpaksa seperti di Piala Liga) terlebih Klopp nantinya akan punya waktu istirahat sepekan selepas Derby Merseyside sebelum The Reds kembali mengejar pemungkas paceklik gelar juara Liga Premier.

Klopp menyesalkan absennya gelandang Naby Keita yang mengalami cedera dalam sesi pemanasan laga pembuka 2020, tetapi ada satu suntikan moral positif bagi Liverpool jelang Derby Merseyside bernama Takumi Minamino.

Legiun Jepang itu berpeluang untuk melakoni debut bersama Liverpool dalam Derby Merseyside besok dan bukan tidak mungkin ia bakal mengikuti jejak bek andalan kubu Merseyside Merah, Virgil van Dijk.

Baca juga: Klopp sesalkan Keita bakal absen dalam Derby Merseyside

Dua tahun silam, dalam ajang yang sama putaran ketiga Piala FA, Liverpool juga menghadapi Everton di Anfield dan Van Dijk melakukan debutnya sebagai bek termahal di dunia saat itu serta segera memberi kontribusi instan berupa gol penentu kemenangan 2-1 atas Everton.

Adegan suporter fanatik Liverpool bersorak di tribun Kop Stadion Anfield saat merayakan gol kemenangan yang dicetak Van Dijk boleh jadi bakal berulang pada Minggu (5/1) besok.

Arteta vs Bielsa

Juara bertahan Manchester City akan bertanding pada Sabtu (4/1) malam setempat atau Minggu (5/1) dini hari WIB menjamu Port Vale di Etihad.

Kecuali Dewa Sepak Bola dan Dewi Fortuna punya rencana lain, Man City seharusnya mudah melenggang melewati tim kasta keempat yang jadi lawannya itu.

Baca juga: Daftar juara Piala FA, City kini selevel Blackburn dan Newcastle

Dua hari sesudahnya, Pep Guardiola mungkin akan duduk anteng di hadapan televisi ditemani sebotol anggur merah kesukaannya demi menyaksikan pertandingan antara Arsenal kontra Leeds United.

Arsenal yang kini ditukangi Mikel Arteta akan menjamu Leeds besutan Marcelo Bielsa di Emirates pada Senin (6/1) setempat atau Selasa (7/1) dini hari WIB.

Arteta boleh disebut sebagai "murid" kedua Guardiola --setelah mendiang Tito Vilanova-- yang meniti karier kepelatihan dan langsung mendapat tugas berat mengembalikan Arsenal ke habitatnya di empat besar klasemen.

Sedangkan Bielsa adalah sosok yang dianggap Guardiola sebagai salah satu mentornya di dunia kepelatihan, meski tak pernah berbagi ruang ganti yang sama sepanjang kariernya. Dan pada 2017 lalu Guardiola melontarkan pujian bahwa Bielsa adalah sosok pelatih terbaik di dunia, bukan berdasar berapa trofi yang dimenangi, tetapi pengaruhnya terhadap para pemainnya maupun dunia sepak bola pada umumnya.

Baca juga: Leeds dan Bielsa sabet anugerah Fair Play FIFA

Maka demikian, Guardiola sudah pasti menikmati adu taktik antara dua sosok murid dan mentornya di Emirates nanti.

Menanti kejutan

Selain Derby Merseyside, hanya satu pertandingan lain di putaran ketiga Piala FA 2019/20 yang mempertemukan dua klub Liga Premier, yakni Wolverhampton menjamu Manchester United di Molineux pada Sabtu (4/1) malam setempat atau Minggu (5/1) dini hari WIB.

Musim lalu, Wolverhampton mengalami nasib serupa, tetapi mereka sukses menyingkirkan Liverpool dan terus melaju hingga babak semifinal sebelum dihentikan oleh Watford.

Baca juga: Rio Ferdinand curiga dengan ketidakwajaran cedera Pogba

Tim besutan Nuno Espirito Santo tentu berharap bisa memetik kemenangan atas MU demi mengangkat moral pasukan Wolves yang baru saja menelan dua kekalahan beruntun di Liga Premier.

Sebaliknya, MU mungkin akan tetap lebih disorot terkait drama "cedera" Paul Pogba ketimbang penampilan tim besutan Ole Gunnar Solskjaer di atas lapangan.

Sementara itu 16 tim Liga Premier lainnya bakal menghadapi tim-tim dari kasta liga yang lebih rendah di putaran ketiga Piala FA.

Sheffield United yang baru menelan dua kekalahan beruntun menyudahi catatan sempurna mereka di laga tandang Liga Inggris bajak menjadi tim kasta tertinggi yang bertemu tim semi profeisonal AFC Flyde. Flyde merupakan tim peserta putaran ketiga dengan kasta liga paling rendah, yakni National League alias strata kelima di sepak bola Inggris.

Pun menghadapi tim-tim yang berada di kasta lebih rendah, bukan berarti para kubu Liga Premier bisa berleha-leha, sebab musim lalu tak kurang dari lima tim kasta tertinggi jadi korban kejutan dalam putaran ketiga Piala FA.

Baca juga: FA larang selebrasi semprot sampanye
Baca juga: FA investasi besar-besaran selama musim lalu


Berikut jadwal putaran ketiga Piala FA (waktu dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (4/1) malam s.d. Minggu (5/1) dini hari
19.31 Bristol City vs Shrewsbury Town
19.31 Rochdale vs Newcastle United
19.31 Millwall vs Newsport County
19.31 Rotherham United vs Hull City
19.31 Birmingham City vs Blackburn Rovers
19.31 Burnley vs Peterborough United
22.01 Brighton & Hove Albion vs Sheffield Wednesday
22.01 Cardiff City vs Carlisle United
22.01 Fulham vs Aston Villa
22.01 Oxford United vs Hartlepool United
22.01 Southampton vs Huddersfield Town
22.01 Brentford vs Stoke City
22.01 Preston North End vs Norwich City
22.01 Reading vs Blackpool
22.01 Plymouth Argyle/Bristol Rovers vs Coventry City
22.01 Watford vs Tranmere Rovers
00.31 Bournemouth vs Luton Town
00.31 Leicester City vs Wigan Athletic
00.31 Wolverhampton vs Manchester United
00.31 Fleetwood Town vs Portsmouth
00.31 Manchester City vs Port Vale

Minggu (5/1) malam s.d. Senin (6/1) dini hari
21.01 Charlton Athletic vs West Bromwich Albion
21.01 Chelsea vs Nottingham Forest
21.01 QPR vs Swansea City
21.01 Sheffield United vs Fylde
21.01 Crewe Alexandria vs Barnsley
21.01 Middlesbrough vs Tottenham Hotspur
21.01 Burton Albion vs Northampton Town
21.01 Crystal Palace vs Derby County
23.01 Liverpool vs Everton
01.16 Gillingham vs West Ham United

Selasa (7/1) dini hari
02.56 Arsenal vs Leeds United x
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar