Jamin keamanan jelang Natal-Tahun Baru, Polresta Surakarta terjunkan ratusan personel

id Polresta Surakarta jamin ,keamanan jelang Natal Tahun Baru

Jamin keamanan jelang Natal-Tahun Baru, Polresta Surakarta terjunkan ratusan personel

Kepala Polres kota Surakarta AKBP Andy Rifai saat memberikan keterangan soal persiapan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, di Mapolresta Surakarta. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta siap menjamin keamanan perayaan Natal 2019 dan penyambut pergantian Tahun Baru 2020 di wilayah Solo.

"Kami siap menjamin keamanan dalam penyelenggaraan Natal dan menyambut perayaan Tahun Baru 2020 dengan menerjunkan ratusan personelnya agar kota Solo tetap kondusif," kata Kepala Polresta Surakarta AKBP Andy Rifai, di Solo, Jumat.

Menurut Kapolres, pihaknya sudah mendatakan ada sebanyak 171 gereja dari yang besar hingga kecil di wilayah Solo.

"Kami sudah menyampaikan dengan jajarannya, dan berkoordinasi dengan pengurus gereja di Solo untuk bisa melaporkan terkait dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan ibadah Natal baik menjelang maupun pada saat Natal," katanya.

Baca juga: Jelang Natal, Polresta Banyumas tingkatkan pengamanan delapan gereja

Selain itu, Polresta Kota Surakarta untuk persiapan pengamanan menjelang menyambut Tahun Baru 2020, juga telah melakukan koordinasi dengan pemilik tempat-tempat keramaian seperti hotel, dan lainnya yang akan melaksanakan perayaan Natal agar aparat keamanan dari awal dapat mempersiapkan pengamanannya.

Menurut dia, sekitar dua per tiga personel kekuatan Polresta Surakarta atau sekitar 700 personel ditambah dari anggota TNI dan juga dari organisasi masyarakat (Ormas) yang ikut dilibatkan untuk pengamanan di Solo.

"Kami untuk gereja-gereja yang besar hingga kecil tetap dilakukan pengamanan baik yang sifatnya stasioner  (tetap) maupun yang mobile," katanya.

Selain itu, pihak gereja juga sudah diminta untuk membuat pengamanan internal, yang fungsinya untuk mengawasi, apakah ada orang yang tidak dikenal masuk pada saat ibadah dan perayaan berlangsung.

Kendati demikian, Kapolres mengimbau masyarakat agar bisa sama-sama menjaga kondisi Surakarta tetap aman.

"Kami mengajak masyarakat tetap menghormati saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah Natal, sehingga kegiatan itu, bisa berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Baca juga: PLN Pekalongan siaga amankan listrik saat Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Pemkab Temanggung sidak harga kebutuhan pokok jelang Natal
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar