Bekuk Brest 1-0, antar Lille tembus zona Champions

id Lille , Brest,Liga Prancis

Bekuk Brest 1-0,  antar Lille tembus zona Champions

Penyerang Lille, Victor Osimhen, merayakan golnya ke gawang Brest dalam laga lanjutan Liga Prancis di Stade Pierre-Mauroy, Sabtu (7/12/2019) dini hari WIB. (ANTARA/Twitter@losclive)

Jakarta (ANTARA) - Lille memetik tiga kemenangan beruntun mereka mengalahkan tamunya Brest dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-17 Liga Prancis di Stadion Pierre-Mauroy, Jumat setempat (Sabtu WIB), yang sekaligus mengantarkan mereka menembus zona Liga Champions.

Gol tunggal Victor Omsihen menjadi penentu kemenangan yang membuat Lille kini naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan raihan 28 poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Posisi Lille belum sepenuhnya aman, sebab Bordeaux (26) baru akan merumput pada Minggu (8/12) waktu setempat atau Senin (9/12) dini hari WIB. Sementara itu, bagi Brest (21) kekalahan itu membuat mereka tertahan di urutan ke-12 dengan melorot hingga urutan ke-15 tergantung hasil laga pekan ke-17 lain yang belum bergulir.

Baca juga: Lille bungkam Bordeaux untuk tembus tiga besar
Baca juga: Lyon tersungkur di kandang, Brest pesta gol di Strasbourg


Lille tampil dominan dan memiliki 60 persen penguasaan bola sepanjang babak pertama. Hal itu berhasil dikonversi hanya 16 menit setelah sepak mula ketika Omsihen berhasil menyelesaikan umpan kiriman Jonathan Ikone demi membuka keunggulan tuan rumah.

Gol itu memantapkan posisi Omsihen sebagai top skor Lille serta membuatnya menanjak di daftar pencetak gol terbanyak Liga Prancis dengan koleksi sembilan gol, hanya terpaut satu gol dari Wissam Ben Yedder (AS Monaco) dan Moussa Dembele (Olympique Lyon).

Dominasi Lille terus berlanjut namun skor 1-0 bertahan hingga turun minum bahkan sampai ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Lille sebetulnya punya peluang emas untuk menggandakan kedudukan setelah memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit kedua injury time setelah Jonathan Bamba dijatuhkan oleh kiper Gautier Larssonneur di dalam area terlarang.

Namun, Larssonneur membayar lunas kesalahannya itu sendiri dengan menghentikan eksekusi penalti Bamba. Sayangnya, hal itu tak cukup menghindarkan Brest, yang tak sekalipun bisa melepaskan tembakan tepat sasaran sepanjang laga, dari kekalahan.

Hasil itu jadi antiklimaks bagi Brest yang pada akhir pekan lalu berhasil melumat habis Strasbourg lima gol tanpa balas dalam laga kandang.

Baca juga: Saint-Etienne bungkam Nice, Rennes menang di kandang Metz
Baca juga: Tundukan Nantes, PSG kembali perlebar jarak dari Marseille


Berikut susunan pemain:

Lille (4-2-3-1): Mike Maignan; Mehmet Celik, Gabriel, Fonte, Damagoj Bradaric; Jonathan Ikone (Yusuf Yazici), Renato Sanches (Araujo), Jonathan Bamba, Xeka (Boubakary Soumaré), Benjamin Andre, Victor Osimhen.
Pelatih: Christophe Galtier

Brest (4-3-3): Gautier Larsonneur; Julien Faussurier, Jean-Charles Castelletto (Denys Bain), Duverne, Ludovic Baal; Haris Belkebla, Christian Battocchio, Paul Lasne (Samuel Grandsir); Alexandre Mendy, Mathias Autret (Gaetan Charbonnier), Irvin Cardona
Pelatih: Olivier Dall'Oglio

Baca juga: Gol menit akhir Gelson Martins pastikan tiga poin Monaco dari Toulouse
Baca juga: Trigol Josh Maja warnai pesta gol Bordeaux ke gawang Nimes
Baca juga: Marseille pangkas jarak dari PSG usai pecundangi Angers
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar