Blibli.com (jembatan) wujudkan mimpi para creativepreneur muda

id Blibli, creativepreneur, muda

Blibli.com (jembatan) wujudkan mimpi para creativepreneur muda

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih (kanan) bersama CEO Blibli dotcom Kusumo Martanto berjabat tangan usai penandatanganan kerja sama di Jakarta, Senin (29/7/2019). Kerja sama tersebut untuk pemasaran produk pembiayaan multijasa umrah dan KKB iB. ANTARA FOTO/Audy Alwi/aww. (ANTARA/STAFF)

Semarang (ANTARA) - Blibli.com telah keempat kalinya menyelenggarakan The Big Start (TBS) yang merupakan ajang kompetisi wirausaha tahunan bagi para creativepreneur muda untuk bersama mewujudkan mimpi mereka dalam menjawab beragam tantangan pasar.

Melalui The Big Start Season 4 tersebut Blibi.com memfasilitasi para pengusaha kreatif dalam menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha, yakni; pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreatifitas, dan inovasi.

Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian menjelaskan untuk menjawab beragam tantangan tersebut, Blibli.com menawarkan dua inisiatif yakni melalui kompetisi The Big Start yang merupakan kompetisi wirausaha tahunan bagi creativepreneur muda dan melalui Galeri Indonesia yang merupakan fitur khusus usaha kreatif yang dihadirkan Blibli.com.

Program The Big Start Season 4 yang di antaranya didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Universitas Prasetya Mulya, BCA, AXA Indonesia, dan JNE, menawarkan hadiah total Rp1,3 miliar untuk para creativepreneur.

SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, Geoffrey L. Dermawan mengatakan pada kompetisi tersebut para creativepreneur mendaftarkan diri secara online ke thebigstart.blibli.com dan ditargetkan diikuti 6.000 peserta dengan pembagian empat kategori, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya.

Para creativepreneur akan dinilai oleh para juri yang terdiri atas Didiet Maulana, Founder of IKAT, untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics, untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia, untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori kriya.

Ribuan creativepreneur yang telah mendaftar The Big Start Season 4, lanjut Geoffrey L. Dermawan, akan dikurasi menjadi top 100, kemudian akan dibantu untuk masuk ke platform Blibli.com dan akan diberikan program pendampingan oleh tim Galeri Indonesia.

Selanjutnya, akan dipilih top 20 usaha kreatif yang akan diberikan pelatihan secara intensif mengenai marketing & branding, financial planning, hukum usaha, dan keterampilan pemasaran untuk dipilih 4 pengusaha kreatif muda terbaik.

Ke-4 pengusaha kreatif muda terbaik itu yang kemudian akan diberikan hadiah sebagai modal peningkatan kreativitas dan inovasi produk, serta meningkatkan daya saing produk hasil pengusaha kreatif di pasar Indonesia.

Sebagai salah satu upaya untuk menjembatani pencapaian mimpi para crativepreneur muda, melalui The Big Start Season 4, Blibli.com akan menghubungkan pengusaha kreatif Indonesia dengan pasar internasional dengan membawa mereka ke ajang pameran luar negeri melalui kerja sama dengan sejumlah kementerian terkait.

Baca juga: BWF keluarkan drawing pertandingan Indonesia Open 2019

Tidak saja melalui ajang pameran, melalui Kementerian Perindustrian, Blibli.com menargetkan kehadiran UMKM di beberapa international expo di Eropa dan Pasar (Market Creation) dengan memberikan kesempatan bagi pengusaha kreatif untuk berkolaborasi dengan merek-merek terkemuka.

Blibli.com juga akan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk ikut serta dalam The Creator proyek kolaborasi yang menyatukan pengusaha kreatif dengan usaha yang sudah established dan pada tahun 2019, The Creator akan menggandeng 15 merek-merek dengan 15 Influencer (KOL), termasuk Kanva Home & Living x Hari Prast, Pipiltin Cocoa x Chef Juna.

Segala upaya yang dilakukan tersebut, kata Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian, adalah untuk mendorong dan memotivasi para creativepreneur muda Indonesia agar berani berkarya dan mengembangkan ide-ide mereka. 

Bahkan tidak sekadar mendorong dan memotivasi, tetapi peserta yang terpilih dalam The Big Start Season 4 dalam kemasan kompetisi tersebut akan dibekali pengetahuan, pelatihan, networking, hingga modal usaha. 

Andy Adrian mengakui kontribusi usaha kreatif bagi PDB Indonesia sangat besar dan sangat memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional dan Blibli.com berkomitmen mendorong potensi tersebut.
Baca juga: Blibli.com Targetkan Pertumbuhan Lima Kali tahun ini
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar