Persipura lumat PSM 3-1

id Persipura Jayapura,PSM Makassa,Liga 1

Persipura lumat PSM 3-1

Pemain Persipura Titus Bonai (kanan) berusaha mengejar bek PSM Makassar Aaron Evans (kiri) saat pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (27/09/2019). (Foto Umarul Faruq)

Jakarta (ANTARA) - Persipura Jayapura menang 3-1 atas PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat sore.

Gol-gol Persipura dicetak oleh Gunansar Mandowen menit ke-15, Titus Bonai menit ke-84 dan 90+4, sedangkan gol PSM Makassar dilesakkan Ezra Walian menit ke-83.

Pada laga tersebut, Persipura berstatus sebagai tuan rumah dan harus menjalani laga di luar Jayapura karena markas mereka Stadion Mandala, Jayapura, direnovasi untuk persiapan PON Papua 2020.

Baca juga: Persipura unggul 1-0 atas PSM Makassar di babak pertama

Sedangkan, Stadion Aji Imbut di Tenggarong yang dipilih manajemen sebagai markas pada putaran kedua Liga 1 belum bisa dipergunakan sementara.

Sejak wasit Musthofa Umarella asal DKI Jakarta meniupkan peluit awal, Persipura yang pekan lalu kehilangan poin penuh di kandang sendiri usai dikalahkan Persib Bandung 1-3 tersebut tampil lebih menyerang.

Kapten Boaz Salossa di lini depan yang dibantu Todd Ferre dan Gunansar Mandowen sangat merepotkan barisan pertahanan PSM Makassar, bahkan kiper Hilman Syah harus bersusah payah menyelematkan gawangnya.

Pada laga yang disaksikan ratusan suporter PSM itu, Hilman Syah dipercaya sebagai starter setelah kiper utama PSM Makassar Rivky Mokodompit dan kiper kedua Hery Prasetyo yang sama-sama cedera saat melawan Semen Padang, Senin (23/9).

Baca juga: Kalah lawan Persib di luar ekspektasi pelatih Persipura

Proses gol tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, bermula melalui tendangan bebas Boaz Salossa dari sisi kiri pertahanan PSM Makassar.

Bola umpan Boaz Salossa ditanduk Andre Ribeiro, namun masih terbentur mistar gawang. Bola rebaund di mulut gawang dimanfaatkan oleh Gunansar Mandowen yang berada tepat di mulut gawang.

Pada 45 menit babak pertama, tim tamu nyaris tanpa peluang. Striker Ferdinand Sinaga dan Zulham Zamrun belum memiliki peluang yang membahayakan gawang Dede Sulaiman.

Babak kedua, Persipura yang merasa belum aman meski sudah unggul melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Titus Bonai menggantikan Gunansar Mandowen.

Begitu juga PSM Makassar yang memainkan M Rahmat menggantikan Zulham Zamrun, serta memasukkan Ezra Walian dan mengeluarkan Rizky Eka Pratama.

Baca juga: Pelatih PSM soroti cedera kipernya dan kritik ambulans stadion

Di sepuluh menit terakhir, kedua tim tampil lebih lepas dan menciptakan sejumlah peluang.

Menit ke-83, PSM Makassar mampu menyamakan kedudukan melalui Ezra Walian usai memanfaatkan umpan tendangan penjuru melalui sepakan kaki kanannya sambil menjatuhkan diri.

Tapi, semenit berselang Titus Bonai yang mendapat umpan matang dari Boaz Salossa kembali membuat Persipura kembali unggul.

Di injury time, kembali Titus Bonai memperbesar keadaan menjadi 3-1 melalui tendangan penalti setelah bola mengenai tangan Rizky Pellu di dalam kotak terlarang.

Baca juga: Marak aksi demo, Polda tak beri izin laga Persib lawan Arema
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar