Masyarakat Temanggung diminta menanam pohon di area resapan

id selamatkan sumber air

Masyarakat Temanggung diminta menanam pohon di area resapan

Bupati Temanggung M. Al Khadziq melepas bantuan air bersih dari Muslimat NU di depan Gedung PC NU Kabupaten Temanggung, Jumat (6/9/2019) (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, diajak menyelamatkan sumber air dengan cara menanam pohon di area resapan pada awal musim hujan nanti.

"Kekeringan menjadi masalah kita semua dan saya juga yakin bahwa pemberian bantuan air bersih ke daerah kekeringan saat ini hanya menyelesaikan masalah sesaat," kata Bupati Temanggung, M Al Khadziq di Temanggung, Jumat.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam pemberian bantuan air bersih Muslimat NU Temanggung kepada sejumlah desa di Temanggung yang mengalami krisis air bersih di musim kemarau ini.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi tanam pohon di Istana Bogor

Ia menyampaikan masalah utama adalah mata air di Kabupaten Temanggung yang semakin hari semakin menyusut debit airnya, bahkan tidak sedikit mata air yang mengering.

"Oleh karena itu menjadi tanggung jawab kita semua termasuk Muslimat NU nanti untuk menanam pohon di daerah-daerah yang menjadi area resapan," katanya.

Ketua Muslimat NU Temanggung Jayiah Mohaiminan mengatakan dalam kegiatan Muslimat Berbagi kali ini bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Temanggung menyumbang air bersih sebanyak 21 tangki.

Ia berharap dengan bantuan air bersih ini dapat meringankan beban masyarakat di daerah kekeringan.

Baca juga: Ratusan siswa Tarakanita Kota Magelang tanam pohon di Gunung Tidar

"Harapan kami bantuan air ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Kami selaku pimpinan Muslimat prihatin terhadap beberapa desa di wilayah Kabupaten Temanggung yang mengalami kekeringan," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan ada 20 desa yang tersebar di 11 kecamatan saat ini mengalami kekeringan.

"Kami setiap hari mendistribusikan air bersih ke daerah kekeringan secara bergantian. Hingga saat ini kami telah menyalurkan bantuan air bersih sekitar 600 tangki," katanya.

Baca juga: Komunitas Batang tanam 15 ribu pohon aren
Baca juga: 500 pohon ditanam di lereng Gunung Merapi
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar