Fortuna ajak perajin batik manfaatkan teknologi digital

id Fortuna, batik Pekalongan

Fortuna ajak perajin batik manfaatkan teknologi digital

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama peserta UMKM milineal batik, dan CEO Fortuna AG. Edhi Bawono pada acara pelatihan teknologi digital. (Foto Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Fortuna sebagai ikon brand agency lokal terbesar di Indonesia mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor industri batik Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, memanfaatkan teknologi digital agar bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional.

CEO Fortune AG. Edhi Bawono pada "Batik Tiada Batas" di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa era digitalisasi sudah masuk pada aspek kehidupan usaha mulai pemesanan produk, transaksi pembayaran, dan produk sampai ke pelanggan.

"Oleh karena, dengan memanfaatkan teknologi digital maka kerajinan batik bisa dikenal dan dijual ke mana pun di pasar dunia," katanya,

Ia mengatakan para pelaku UMKM sudah saatnya memaksimalkan sebuah perubahan (kemajuan teknologi) dengan go online'untuk memasarkan produknya dengan bisnis digital.

Kendati demikian, kata dia, untuk bisa memasarkan produk dalam bisnis digital maka pelaku UMKM harus memiliki skill digital branding.

"Sekarang, lebih banyak aspek baru yang perlu dipertimbangkan dalam branding seperti pemilihan platform media sosial yang tepat hingga waktu posting yang optimal di Instagram. Hal ini yang kami mencoba melatih kepada UMKM batik di Pekalongan," katanya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan oleh Fortuna pada pelaku milineal maka akan dapat membantu UMKM kerajinan batik setempat dapat bersaing di pasar mancanegara.

Pelatihan ini, kata dia, juga searah dengan program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menargetkan pertumbuhan UMKM "go online' pada tahun ini.

"Kami menyadari potensi kerajinan batik Pekalongan dan melihat bahwa digital branding akan membantu pelaku UMKM melebarkan sayap ke pasar yang lebih luas," katanya.

Baca juga: Kota Pekalongan gelar lomba vlog dan membatik
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar