PLN ajak milenial bangun negeri

id pln,bangun negeri,milenial,semarang

PLN ajak milenial bangun negeri

Seminar nasional dengan tema PLN Bangun Negeri dan Tantangan Milenial di Industri 4.0 pada bidang kelistrikan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (25/4). (Foto: Humas PLN)

Semarang (ANTARA) - PLN mengajak para kaum milenial ikut ambil peran membangun negeri salah satunya melalui seminar nasional dengan tema PLN Bangun Negeri dan Tantangan Milenial di Industri 4.0 pada bidang kelistrikan di Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Milenial memiliki semangat yang tinggi, pikiran menyongsong masa depan, dan sangat cocok dengan PLN sebagai BUMN yang memiliki aset terbesar di Indonesia," kata Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM Doktor Paripurna pada seminar yang dihadiri juga Executive Vice President Talent Development PLN Karyawan Aji, General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur (Disjatim) Bob Saril, dan General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Tengah (Disjateng) Agung Nugraha.

Doktor Paripurna menjelaskan listrik telah menjadi kebutuhan yang sangat krusial dalam kehidupan, setiap aspek hidup diselingi dengan kebutuhan listrik. 

Hal tersebut menjadi alasan yang kuat bagi talenta muda terbaik agar bergabung di PLN terutama para kaum muda dan terdidik yakni para milenial, harus berada di garda terdepan dan menjadi role model dalam penyampaian informasi yang cerdas, mendidik, dan membawa nilai-nilai positif.

"Marilah kita berlomba untuk dapat mengisi slot-slot calon pemimpin, membangun Indonesia melalui PLN. Semoga para mahasiswa bertalenta terbaik dapat bergabung bersama PLN dalam membangun negeri," kata Doktor Paripurna.

GM PLN Disjatim Bob Saril dalam paparannya mengenai PLN Bangun Negeri menjelaskan bahwa PLN terus bekerja keras membangun Indonesia dan mengajak para milenial ikuti andil yang besar dalam melistriki Nusantara.

"PLN bekerja keras, membangun negeri melistriki hingga pelosok. Pembangunan itu tidak lepas dari peran milenial-milenial PLN, dengan semangat energi optimisme memberikan yang terbaik bagi Indonesia dan itu tanda bakti kepada negeri," kata Bob Saril.

Sementara Karyawan Aji yang memaparkan tentang Tantangan Milenial di Industri 4.0 Bidang Kelistrikan menjelaskan bahwa salah satu tantangan bagi milenial di industri 4.0 adalah inovasi.

"Inovasi akan selalu dapat mendorong sebuah perusahaan untuk terus maju, termasuk PLN. Oleh karena itu PLN membutuhkan milenial bertalenta terbaik untuk semakin meningkatkan geliat inovasi di PLN," kata Aji.

Dalam acara seminar nasional tersebut, PLN kembali menyajikan program Employer Branding, sebuah program dimana para milenial PLN berbagi pengalaman dalam membangun Indonesia, mulai dari bekerja kantoran hingga aktivitas sosial seperti menjadi garda terdepan dalam recovery kota pascabencana, ikut terjun menerangi Papua melalui Program Papua Terang, hingga membantu pembangunan tempat sosial seperti masjid, panti jompo, dan lainnya melalui program CSR PLN dan Employee Volunteer Program.

Program Employer Branding juga bertujuan untuk memberikan perspektif kepada para mahasiswa bahwa perusahaan terbaik bagi karir masa depan para talenta unggulan adalah di PLN. Bagaimana listrik akan semakin dibutuhkan di masa depan, seiring dengan perkembangan teknologi, seperti kompor induksi dan kendaraan listrik. 

Pada acara tersebut juga dibacakan pemenang PLN Vlog Competition dengan tema Unboxing SPLU, Paper Competition dengan tema Development Business New Edge, dan idea competition: Unlocking Facelift PLN Mobile. 

Lomba Vlog dimenangkan para milenial berbakat dengan total hadiah Rp180 juta untuk setiap cabang lomba. Para penenang tersebut yakni: Vlog Competition dengan tema ‘Unboxing SPLU’ (juara 1: Universitas Tarumanegara dengan judul Senja; juara 2: Politkenik Bandung dengan judul Gilang 1988; juara 3: UGM dengan judul Shazam UGM).

Idea competition dengan tema Unlocking Facelift PLN Mobile (juara 1: STT PLN dengan judul Integrity; juara 2: ITB dengan judul Nyala Sukma; juara 3: UGM dengan judul Berang-Berang Cokelat).

Paper competition dengan tema Development Business New Edge (juara 1: ITB dengan judul Model Bisnis Baru Integrasi Pembangkitan Listrik; juara 2: ITB dengan judul Smart PLN; juara 3: Telkom University dengan judul Smart SPLU with Sharing Economy Concept).

Seluruh pemenang paper dari ITB dengan judul Model Bisnis Baru Integrasi Pembangkitan Listrik berhasil memenangkan Best of The Best yang nantinya akan berpartisipasi dalam International Workshop HAPUA.
 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar