Bikers Jelajah Trans Jawa dipameri manfaat dana desa

id Jelajah trans jawa

Bikers Jelajah Trans Jawa dipameri manfaat dana desa

Peserta Jelajah Trans Jawa 900 KM mengunjungi Desa Kalisidi, Kabupaten Ungaran, Selasa. (Foto: dok. Samba Bikers)

Semarang (ANTARA) - 50 pesepeda peserta Jelajah Trans Jawa mengunjungi Desa Lerep dan Kalisodi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa, dalam perjalanan 900 km dari Surabaya menuju Jakarta.

Para bikers tersebut dipameri keberhasilan dua desa yang sukses memanfaatkan dana desa tersebut dalam membangun infrastruktur.

Kepala Desa Lerep Sumariyadi menjelaskan dana desa di tempat tersebut digunakan untuk membangun embung (waduk kecil).

Selain untuk memenuhi kebutuhan mengairi lahan pertanian, embung tersebut juga dijadikan sebagai objek wisata di kaki Gunung Ungaran.

"Pengelolaan wisata menggunakan dana desa dan dikelola oleh warga," katanya.

Sementara di Desa Kalisidi, para bikers ditunjukkan tentang jaringan instalasi air yang diambil dari mata air Gunung Ungaran dan disalurkan untuk kebutuhan warga.

Koordimator Jelajah Trans Jawa 900 KM Hendra Dharmanto mengatakan kegiatan bersepeda lintas wilayah kali ini sengaja digelar untuk mengetahui perkembangan infrastruktur Pulau Jawa.

Saat melintas Jawa Timur, lanjut dia, para bikers juga menyempatkan berkunjung ke Desa Jiwan, Kabupaten Madiun, untuk mengetahui pembangunan irigasi menggunakan beton.

Para peserta, kata dia, akan diajak singgah ke desa-desa yang dilalui untuk melihat pembangunan infrastrukturnya.

"Kami ajak langsung para peserta untuk melihat perkembangan Pulau Jawa dan pengelolaan infrastruktur di desa-desa," katanya.

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar