Infeksi penyebab kuku jari menjadi kuning

id infeksi penyebab kuku,menjadi kuninfg

Infeksi penyebab kuku jari menjadi kuning

Ilustrasi (touchabletoes.com)

Jakarta (Antaranews Jateng) - Kuku jari kaki Anda menguning? Padahal Anda ingin sekali menggunakan sendal atau alas kaki yang memperlihatkan kuku kaki di beberapa acara.

Tahukah Anda kalau hal ini tak muncul begitu saja?

Berbagai kondisi bisa menjadi penyebab kuku jari kaki menjadi kuning, salah satunya infeksi.

Jika kuku kaki bersentuhan dengan jamur yang berbahaya, maka dapat terjadi infeksi yang disebut onikomikosis. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagian manapun kuku jari kaki dan menyebabkannya tampak kuning.

Infeksi juga bisa menyulitkan seseorang untuk berjalan dan infeksi merupakan penyebab umum kuku jari kaki kuning.

Penyebab lainnya adalah sindrom kuku kuning. Walau memang kondisi ini sangat langka terjadi, namun, sindrom ini dapat menyebabkan kuku dan kuku jari kaki menjadi kuning.

Selain itu, kuku juga bisa tumbuh lebih lambat, tidak memiliki kutikula, dan mudah rusak.

Sindrom kuku kuning juga memiliki gejala yang lebih berat, termasuk masalah pernapasan dan pembengkakan pada ekstremitas bawah.

Penyebab kondisi ini tidak diketahui, tetapi lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.

Penyebab lainnya ialah cat kuku. Penggunaan cat kuku yang berlebihan dapat menyebabkan kuku jari kaki menjadi berubah warna. Secara khusus, menggunakan cat kuku merah, kuning, atau oranye dapat menyebabkan kuku kaki tampak kuning.

Meskipun mereka mungkin terlihat tidak indah, kuku kaki kuning akibat terlalu banyak cat kuku tidak berbahaya bagi tubuh.

Selain penyebab yang sudah disebutkan, kuku kaki kuning dapat berkembang pada beberapa orang sebagai gejala kondisi medis yang mendasarinya, seperti: psorias, tuberkulosis, kondisi tiroid, diabetes, sinusitis, penyakit kuning. Demikian seperti dilansir Medical News Today.

Senin, 11 Juni 2018 14:17 WIB

Pewarta :
Editor: Totok Marwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar