Gubernur harap sonia dapat promosikan tenun khas Babel

id gubernur harap sopnia dapat promosikan, tenun khas babel

Gubernur harap sonia dapat promosikan tenun khas Babel

Sonia Fergina Citra melambaikan tangan seusai dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018 dalam malam final Puteri Indonesia 2018 di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/3/2018). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Pangkalpinang (Antaranews Jateng) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengharapkan Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra mempromosikan tenun cual khas daerah itu ke dunia internasional.

"Dengan acara pulang kampung ini, kita boleh membuat suatu catatan dari kampung untuk dunia," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan sebagai orang Bangka Belitung, Sonia Fergina Citra yang terpilih sebagai Putri Indonesia 2018 dan akan mengikuti ajang bergengsi Miss Universe diharapkan memperkenalkan kerajinan khas daerah ini, misalnya tenun cual, pewter berbahan baku timah, batu satam dan lainnya.

Selain itu, wanita kelahiran kelahiran Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, 27 April 1992 itu diharapkan mempromosikan makanan khas daerah, madu pelawan dan sumber daya alam lainnya ke dunia internasional.

"Ini momen yang tepat untuk lebih memperkenalkan sumber daya alam dan kerajinan khas daerah ini ke dunia internasional," katanya.

Perajin tenun cual Pangkalpinang, Ishadi sangat berharap Putri Indonesia memperkenalkan tenun cual, karena akan berdampak baik terhadap pemasaran dan minat masyarakat menekuni kerajinan tenun di daerah itu.

"Selama ini pemasaran tenun cual masih terbatas, sehingga mempengaruhi minat generasi muda menekuni usaha tenun yang makin berkurang," katanya.

Ia mengatakan tenun cual ini memiliki tekstur kain yang halus, adanya harmoni antara sungkit, ikat dan motif sehingga tidak ada sesuatu yang dominan dari yang lainnya.

Warna celupan benangnya tidak berubah dan ragam motifnya merupakan simbol masyarakat Melayu Bangka Belitung yang rendah hati dan selalu menjaga marwah.

"Motif tenun cual ini sangat memesona diantaranya bebek-bebek, naga bertarung, burung hong, kembang Cina, seroja, teratai, cempaka, gajah dan motif garuda," ujarnya. (Editor : Aditia Maruli Radja).
Pewarta :
Editor: Totok Marwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar