Persis dalam pertandingan uji coba melawan UiTM FC yang disaksikan sekitar 10.000 penonton pendukung tim tuan rumah tersebut bermain seru saling menyerang dan kelihatan imbang.

Persis dalan ajang seleksi pemainnya pada babak pertama menampilkan permainan menyerang mengambil inisiatif menerobos pertahanan UiTM yang mayoritas diperkuat pemain muda.

Ferryanto dan kawan-kawan terus menekan ke pertahanan lawan. Akan tetapi, solidnya barisan belakang UiTM FC tersebut sulit ditembus pemain depan tim tuan rumah.

Pamain asing Persis Nnengue yang sedang diuji kemampuannya kelihatan sulit mendapatkan peluang untuk pencetak gol untuk tuan rumah, sedangkan UiTM FC yang dikoordinasi oleh kapten tim Ahmad Shahir serangannya belum membahayakan tim tuan rumah.

Persis yang memasang tiga pemain depan Ferryanto, Nnengue, dan Roby Fajar masih banyak peluang yang sia-sia karena tembakan ke arah gawang masih belum membahyakan lawan. Kedudukan imbang 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persis yang menarik Nnengue dan memasukkan Yanuar menambah daya gempur ke pertahanan lawan. Inudin juga dimasukkan menggantikan Basile juga menjadi permainan Persis meningkat.

Bahkan, Inudin pemain pengganti tersebut berhasil menjebloskan bola ke gawang UiTM FC pada menit ke-64 melalui tembangan dari luar kotak penalti. Gol Inudin ini, bolanya yang ditepis kiper UiTM FC, Amirul Syarif, tetapi bolanya bergulir masuk, sehingga kedudukan menjadi 1-0.

Persis penambah gol menjadi 2-0 setelah Yanuar berhasil memanfaatkan umpan sodoran dari Inudin, yang dapat merobek jaring UiTM FC pada menit ke-75.

Persis yang unggul dua gol tersebut dibalas melalui tendangan bola mati yang dilakukan oleh Mohd Razwenjen dari luar kotak penalti menit ke-77 sehingga kedudukan menjadi 2-1.

Tim UiTM FC sebenarnya mempunyai peluang menyamakan kedudukan menit 80, tetapi tendangan yang dilakukan oleh Asrul Hisham, membentur mistar gawang Persis yang dipercayakan Johan Setiawan.

Kedudukan 2-1 untuk Persis tersebut bertahan hingga babak kedua berakhir, wasit yang memimpin pertandingan Rumi Iqbal (Solo) mengeluarkan lima kartu kuning untuk Mohd Raid Tohir, Mohd Hakim (UiTM FC), dan Ferryanto, Roby Fajar, Dwi Joko (Persis).
Menurut Pelatih Kepala UiTM FC Malaysia Mohd Azuan Mohd Zain kedua tim bermain bagus dan saling menyerang kepertahanan lawan.

"Dua gol ke gawang kami kesalahan pemain belakang. Kedua tim memiliki kekuatan yang imbang," kata Mohd Azuan.

Manajer Persis Solo Totok Supriyanto menjelaskan bahwa Persis memang sedang melakukan seleksi pemainnya sehingga mereka bermain belum padu dan masih sering ragu-ragu.

"Kami masih menunggu pelatih kepala yang akan menangani Persis dalam kompetisi tahun depan," kata Totok.

Calon Pelatih Persis Solo Widyantoro mengatakan bahwa dirinya sangat terharu dengan sambutan pendukung Tim Persis, yakni Pasoepati.

"Kami melihat pemain Persis bermain penuh semangat untuk dapat mengalahkan lawan," kata Widyantoro.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Zuhdiar Laeis
Copyright © ANTARA 2024