"Kegiatan festival dilakukan dua hari mulai Sabtu (23/11) pukul 10.00 WIB dan masyarakat dapat menikmati keindahan aneka perahu hias dan berbagai atraksi menarik," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Nurjanah di Semarang, Jumat.

Nurjanah menceritakan bahwa Sungai Banjir Kanal Barat Semarang oleh Pemerintah Belanda disebut sebagai Vanice Van Java karena dulunya merupakan akses utama perdagangan di Semarang.

"Kegiatan ini juga untuk membangkitkan kecintaan warga Semarang terhadap sungai, sehingga dapat menjaga kebersihan serta keindahan seluruh sungai yang ada," katanya.

Acara yang bertema Sungaiku Bersih tersebut, lanjut Nurjanah, akan ada parade perahu hias warak, "fashion show river style", pagelaran wayang kulit dengan lakon Romo Tambak, serta hiburan musik.

"Nanti juga akan ada pertunjukan air spektakuler yang terinspirasi dari 'song of the sea', Sentosa Island Singapura sehingga diharapkan acara lebih meriah," katanya.

Untuk perahu warak hias, tambah Nurjanah, seluruhnya akan dinilai dan ada hadiah dengan total Rp38 juta.

Selama kegiatan, ruas Jalan Pusponjolo Banjir Kanal Barat akan ditutup, sehingga pengguna jalan dapat memilih ruas jalan lain untuk menghindari kemacetan.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024