Koperasi milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tersebut mampu bersaing di tingkat Internasional pada ajang ICA Global 300, yang hasilnya akan diumumkan pada 5 Nopember 2013, demikian keterangan tertulis dari KWSG yang diterima di Semarang.

KWSG merupakan koperasi di Indonesia yang mampu menembus koperasi kelas dunia menurut International Co-operative Alliance (ICA). ICA merupakan organisasi non pemerintah yang memiliki serikat koperasi di seluruh dunia, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1895 tersebut memiliki 269 federasi koperasi di 94 negara di Afrika, Asia, Pasifik, dan Amerika yang sudah diakui dunia dengan eksistensinya sebagai Lembaga Koperasi Internasional. Hingga 2013 ICA memiliki satu milliar anggota yang berada di seluruh dunia.

Dirut Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan “Penghargaan ICA ini memang sudah di akui oleh Internasional, kami sangat bangga atas penghargaan yang dicapai Koperasi Warga Semen Gresik yang masuk dalam Koperasi terbesar kelas dunia“.

Dengan visi menjadi koperasi serba usaha di bidang perdagangan barang dan jasa terbaik dan terbesar di Indonesia, kini koperasi yang berumur 50 tahun tersebut menunjukan kinerja terbaiknya dengan terus meningkatnya pengembangan usaha diberbagai lini.Usaha tersebut dikembangkan dalam bidang simpan pinjam, pertokoan, percetakan dan jasa boga, perdagangan umum, ekspedisi serta perdagangan bahan bangunan.

Dalam menggeluti bisnisnya KWSG juga memiliki jaringan usaha bidang penanaman modal dan memiliki saham pada PT Varia Usaha sebesar 26,35%, PT Swadaya Graha 4,46%, PT SGG Energi Prima 3% dan PT SGG Prima beton 0,001%, Edi Kartika Ketua Pengurus KWSG mengatakan “ kami akan terus meningkatkan kinerja Koperasi dengan mengembangkan usaha di berbagai bidang, hal ini tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, pegawai dan pemangku kepentingan, kami juga akan terus memperkuat lini bisnis dengan jalan memperluas jaringan pasar dan varian produk “.

Meningkatnya kinerja perseroan juga tidak luput dari pengelolahan Sumber Daya Manusia (Human Capital) dalam menunjang keberlanjutan bisnis, saat ini KWSG telah melakukan assesment competency terhadap jajaran pimpinan, job description serta training need anlysis kepada pegawai “ bagi kami pemberdayaan SDM (Human Capital) menjadi fokus KWSG sehingga pegawai kami mampu membrikan innovasi baru bagi sepak terjang KWSG yang sudah mendunia ini, saatnya SDM kami bersaing dengan SDM di tingkat Internasional”.




Tentang KWSG

Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) adalah koperasi milik PT Semen Gresik (Persero) Tbk yang berdiri sejak tanggal 29 Januari 1963 dengan nama Koperasi Serba Usaha Karyawan Perusahaan Negara Semen Gresik, dalam memulai bisnis nya koperasi menjalani usahanya di bidang perdagangan pokok sayur mayur untuk memenuhi kebutuhan karyawan Semen Gresik.

Dengan terus melakukan eksistensinya pada dunia bisnis koperasi Semen Gresik mengembangkan usahanya di bidang penjahitan, foto copy, jasa boga dan perdagangan umum, sehingga pada tahun 1991 nama tersebut berubah menjadi Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG).

Kinerja koperasi terus menunjukan perkembangan yang pesat dengan ditunjukanya KWSG sebagai ditributor Semen Gresik sehingga usaha perdagangan bahan bangunan yang bergerak di bidang perindustrian semen Gresik dan produk bangunan lainya berjalan dengan pesat, pengembangan usaha yang dilakuakn terus membuah kan hasil yang gemilang dalam kurun waktu 20 tahun, sampai 2012 Koperasi memiliki 52 cabang di Indonesia, Hingga 2013 KWSG telah memiliki 5.954 anggota yang terdiri dari 14 anggota dari anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Diusia 50 tahun KWSG meraih masa gemilang, tahun 2012 mencapai Rp 1,75 triliun atau meningkat 22% dari tahun 2011 sebesar Rp 1,43 Triliun, sedangkan SHU setelah pajak tahun 2012 tercapai sebesar Rp 47,73 Milliar atau meningkat 102% dari tahun 2011 sebesar Rp 23,66 Milliar, untuk Ebitda tahun 2012 mencapai Rp 72,04 Milliar meningkat 94% dari tahun 2011 sebesar Rp 37,19 Milliar. Pergerakan bisnis koperasi juga mampu membukukan aset sebesar Rp 621,55 Milliar atau naik 30% dari tahun 2011 Rp 476.94 Milliar. Koperasi saat ini memiliki 60 outlet yang tersebar di seluruh kota terbesar Indonesia seperti Madura, Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera. (ksm)


Pewarta : -
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024