"Saya kira bagus sekali. Masyarakat Banjarnegara sudah familiar dengan penghijauan," kata Menhut usai penanaman pohon pada acara Banjarnegara Hijau Bersama Ebiet G. Ade dalam rangkaian kegiatan Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2013, di kompleks TRMS, Banjarnegara, Sabtu.

Bahkan, kata dia, menanam pohon sudah menjadi gaya hidup masyarakat Banjarnegara.

Oleh karena itu, lanjut dia, akan sangat bagus jika di dekat gedung Taman Budaya yang sedang dibangun di kompleks TRMS dilengkapi dengan kebun raya.

"Kalau di sini ada gedung Taman Budaya, sekaligus dibangun 'botanical garden'. Berbagai tanaman khas Banjarnegara dan Jawa Tengah ditanam di sini, ada taman bermain anak-anak di bawahnya, saya kira akan sangat indah sekali, dan saya kira bisa menjadi andalan Banjarnegara, kami dukung," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Menhut menyempatkan diri meninjau salah satu sudut kompleks TRMS yang disiapkan untuk lokasi kebun raya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno mengatakan bahwa Pemkab Banjarnegara telah menyiapkan rencana pembangunan kebun raya di lahan seluas 5 hektare.

"Kita telah membuat DED (Detailed Engineering Design), di sini nantinya tidak sekadar untuk Taman Budaya yang akan menyatu dengan TRMS yang sifatnya komersial. Kalau di sini, masyarakat tidak perlu membayar," katanya.

Menurut dia, kebun raya rencananya akan berlokasi di kanan dan kiri Sungai Serayu yang berada di kompleks TRMS.


Pewarta : Sumarwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024