Vice President PT Axiata Tbk (XL) Central Region Nuruddin AL Fhitroh di Semarang, Senin, menjelaskan, kesiapan menghadapi lonjakan trafik saat Lebaran tersebut tidak hanya infrastruktur tetapi juga sumber daya manusia.

"Setiap Lebaran selalu ada kenaikan trafik dan tahun ini diperkirakan naik 20 hingga 30 persen dari rata-rata trafik harian baik percakapan, SMS (layanan pesan singkat), dan data," katanya.

Saat ini, katanya, trafik SMS pada hari-hari normal mencapai sekitar 660 juta SMS per hari, trafik percakapan sekitar 600 juta menit, dan trafik data 52 terabyte.

Ia memperkirakan pada Lebaran 2012 terjadi lonjakan trafik antara 20-30 persen.

Ia menjelaskan, XL telah mempersiapkan jaringan sehingga mampu menampung dua kali lipat kapasitas ketimbang hari biasa di jalur tujuan mudik.

Selain itu, XL juga memperkuat jaringan di kota-kota yang menjadi jalur mudik sehingga pelanggan bisa berkomunikasi dengan lancar ketika mudik.

Persiapan yang sudah dilakukan, katanya, antara lain mengadopsi peralatan MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G nasional dan meningkatkan kapasitas bandwidth sehingga menjamin kenyamanan pelanggan.

"Jika tahun-tahun lalu saat macet dimanfaatkan untuk telepon atau SMS-an, sekarang bisa facebook atau twitter dengan 'mengupload' data," katanya.


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024