Manajer SPBN "Jasa Mina" Kota Pekalongan, Indah Wahyu di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa alokasi solar pada Juli 2012 hanya sebanyak 400 kiloliter sehingga dikhawatirkan tidak mencukupi kebutuhan nelayan yang akan melaut.

"Jika kami hanya mengandalkan alokasi solar pada Juli 2012 sebanyak 400 kiloliter maka bisa kemungkinan akan terjadi kekurangan bahan bakar solar karena permintaan nelayan terhadap solar cukup tinggi," katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan para nelayan, SPBN telah menambah alokasi solar pada Juli 2012 sebanyak 64 ton dari jatah persediaan solar pada Agustus 2012.

"Akan tetapi, jika PT Pertamina tidak menambah pasokan solar ke SPBN lagi maka kami khawatir akan terjadi kelangkaan solar di Kota Pekalongan. Oleh karena itu, kami berharap PT Pertamina menambah lagi alokasi solar," katanya.

Beberapa nelayan mengatakan bahwa saat ini, para nelayan Kota Pekalongan telah mempersiapkan diri untuk melaut dengan harapan menjelang Lebaran mereka sudah kembali dari mencari ikan di laut.

Slamet, seorang nelayan mengatakan bahwa pada umumnya, para nelayan membutuhkan waktu melaut sekitar 15 hari sehingga mereka bisa kembali mencari ikan sebelum Lebaran.

"Oleh karena itu, saat ini sebagian besar para nelayan membutuhkan solar untuk persiapan melaut sebagai upaya mencukupi kebutuhan keluarga menjelang Lebaran," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Zuhdiar Laeis
Copyright © ANTARA 2024