Magelang (ANTARA) - Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Pasar Gotong-Royong Kota Magelang, Jawa Tengah, usai dari Akademi Militer (Akmil).

Gibran tiba di Pasar Gotong-Royong Kota Magelang, Minggu, sekitar pukul 10.00 WIB langsung menyalami warga dan membagikan susu dan buku tulis.

Dia mengelilingi pasar dengan dikerubuti warga di sepanjang perjalanan.

Sejumlah warga yang beruntung mendapatkan pembagian susu atau buku bahkan juga paket sembako.

Paket sembako berisi beras, gula, dan minyak goreng serta roti kering dibagikan kepada warga.

Seorang warga Maryati menyampaikan kegembiraan mendapatkan pembagian susu.

"Alhamdulillah bersyukur dapat pembagian susu dari Wakil Presiden. Semoga maju terus, bisa memberikan modal kepada rakyat kecil atau yang membutuhkan," katanya.

Ia berharap Wapres Gibran dapat menjalankan tugas dengan baik.

Ia mengaku menunggu cukup lama kedatangan Wapres ke pasar tersebut sejak pukul 06.00 WIB.

Sebelum kedatangan Wapres ke Pasar Gotong Royong, warga bersiap melakukan penyambutan.

Penjabat Wali Kota Magelang Ahmad Aziz dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang menjelaskan kedatangan Gribran ke pasar tradisional setempat itu untuk mengetahui dan memastikan stabilitas harga sembako.

"Hari ini ada aktivitas Bapak Wapres Gibran Rakabuming Raka di Pasar Gotong Royong, untuk melihat dan mengecek harga sembilan bahan pokok. Harapannya jadi berkah bagi pedagang dan warga Kota Magelang," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (DPPKUM) Kota Magelang Syaifullah mengatakan selama kunjungan, Gibran menyapa dan berinteraksi dengan para pedagang di pasar tersebut.

"Misalnya tanya harga, terus belanja juga. Tadi saya lihat belanja cabai. Terus ada minyak, ada macam-macam tadi.  Jajanan-jajanan khas juga. Beliau 'ngersakke' (ingin) pothil dan slondok," katanya.

Ia mengatakan Gibran juga bertanya soal eksistensi Pasar Gotong Royong, antara lain luas dan sertifikat hak pakai.

Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi mengatakan Pemkot Magelang beberapa kali mengikuti rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait agenda retret Presiden-Wapres dan anggota Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang. 

Oleh karena itu, pemkot turut berkontribusi menyukseskan kegiatan tersebut. Pada hari terakhir agenda retret, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menyempatkan ke Pasar Gotong Royong.

"Semoga ada hikmah yang baik bagi pasar ini," ujar dia.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024