Solo (ANTARA) - Perusahaan teknologi NVIDIA mendukung optimalisasi produktivitas, kreativitas, dan inovasi talenta digital melalui pendayagunaan AI atau kecerdasan buatan. 

Consumer Business Lead NVIDIA Indonesia Adrian Lesmono di Solo, Jawa Tengah, Jumat mengatakan salah satu upaya yang dilakukan  adalah dengan mengenalkan teknologi GeForce RTX AI PC lewat lokakarya bertajuk ‘NVIDIA Powers the World’s AI. And Yours.

"GeForce RTX AI PC memanfaatkan tensor cores, yang merupakan akselerator AI khusus pada semua GPU GeForce RTX dalam berbagai bidang, seperti gaming, pembuatan konten, riset dan pengembangan, dan STEM (science, technology, engineering, math)," katanya.

Ia mengatakan kekuatan komputasi ini diperlukan untuk mengoptimalkan potensi penuh dari kemampuan serta kecanggihan AI.

"GeForce RTX dan GPU NVIDIA RTX menghadirkan performa komputasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi, game, dan model AI terbaru. GPU ini mampu mempercepat lebih dari 600 game dan aplikasi yang mendukung AI," katanya. 

Untuk memenuhi kebutuhan dan animo pengguna dalam mengoptimalkan potensi dan peluang di era digital seperti saat ini, pihaknya menggandeng mitra, termasuk ELS.ID membuat rangkaian lengkap PC dan laptop GeForce RTX 40 Series.

"Laptop ini dirancang untuk optimalisasi produktivitas dan performa para pelajar, mahasiswa, gamer, kreator konten digital, dan profesional yang mendambakan perangkat komputasi dengan kemampuan pemrosesan AI," katanya. 

Pada lokakarya yang digelar beberapa waktu lalu, pihaknya juga melibatkan peserta dalam demo langsung.

"Pada demo ini kami menyoroti bagaimana sistem berbasis GeForce RTX AI dirancang untuk unggul dalam gaming, pembuatan konten, dan produktivitas, memberikan akses ke teknologi terkini," katanya.

Sementara itu, Dosen Vokasi UNS Taufiqurrakhman Nur Hidayat mengapresiasi pengenalan teknologi tersebut kepada para mahasiswa. 

Menurut dia, pengenalan GeForce RTX AI PC dan pembahasan mengenai potensi besar pemanfaatan serta dampak positif AI penting untuk mengakselerasi dan mengoptimalisasi produktivitas dan kreativitas di era digital.

"Salah satu misi kami adalah melahirkan SDM unggul dengan literasi dan kompetensi digital yang mumpuni. Upaya NVIDIA dalam mendemokratisasi teknologi terunggulnya, termasuk AI ini sangat selaras dengan misi kami dalam menyiapkan talenta-talenta digital untuk menjadi SDM unggul di masa depan yang siap mengantisipasi berbagai tantangan dan peluang di era digital," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024