Purwokerto (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengharapkan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini (PAUD) di wilayah itu meningkatkan kreativitas dalam mendidik peserta didik.

"Oleh karena itu, hari ini kami menggelar Ajang Kreativitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD, yang ikuti seluruh pendidik PAUD dan TK negeri maupun swasta se-Banyumas yang telah menjalani seleksi di tingkat kecamatan," kata Joko Wiyono di sela kegiatan yang digelar di kompleks perkantoran Dindik Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Banyumas, Kamis.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan salah satu wahana agenda yang dijalankan Dindik Kabupaten Banyumas sejak dua tahun terakhir untuk memberikan ruang bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD maupun taman kanak-kanak dalam berkreasi dengan berbagai potensi yang dimilikinya.

Dalam hal ini, kata dia, potensi-potensi tersebut termasuk potensi bersifat psikomotor, afektif, dan kognitif.

"Itu karena lombanya meliputi mendongeng, cerdas cermat, tari kreasi, dan senam kreasi, sehingga kegiatan ini mengkoneksikan tiga aspek, yakni afektif, kognitif, dan psikomotor," katanya menjelaskan.

Ia mengharapkan melalui kegiatan tersebut dapat dibentuk satu tim maupun pendidik yang bisa diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan di tingkat provinsi.

Selain itu, kata dia, para pendidik dan tenaga kependidikan dapat meningkatkan kreativitas serta mentransfer pengetahuan maupun pengalamannya kepada para peserta didik.

"Misalnya tentang rasa percaya diri, juga kreativitas tarian maupun senam yang ditampilkan, sehingga ini bisa menjadi test case untuk mereka sebelum ditampilkan kepada putra-putrinya di sekolah," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada sejumlah guru TK swasta yang telah lama mengabdi.

Menurut dia, penghargaan tersebut selama ini belum pernah ada, sehingga pada tahun 2024 pihaknya memberikan atensi kepada para guru TK swasta tersebut.

"Paling tidak maknanya, kita memberikan perhatian kepada beliau-beliau yang sudah cukup lama mengabdi. Bahkan, ada yang sudah mengabdi lebih dari 41 tahun dan dia guru TK swasta murni," kata Joko

Baca juga: Aisyiah Kendal titipkan nasib guru PAUD dan TK ke Dyah Kartika-Benny Karnadi

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024