Semarang (ANTARA) - Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak mampu unjuk prestasi di ajang bergengsi WICE 2024 dengan meraih Gold Medal World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2024 di Malaysia, Selasa (24/9/2024).

Ajang lomba sains internasional ini berlangsung di Selangor, Malaysia, pada 21--25 September 2024.

WICE 2024 digelar Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Malaysian Allied Health Sciences Academy (MAHSA). Ajang ini menjadi platform global bagi para pemikir muda yang brilian untuk menampilkan penemuan-penemuan mereka di berbagai bidang seperti sains, inovasi, teknologi, dan komersialisasi. WICE kategori IT dan robotik diikuti oleh 126 tim yang berasal dari 15 negara.

Kepala Madrasah H. Nur Kamsan, S.Ag.,M.Pd. yang ikut mendampingi tim riset MAN Demak menyampaikan kabar menggembirakan bagi segenap keluarga besar MAN Demak melalui pesan WA grup atas pencapaian peserta didik MAN Demak,

Alhamdulillah Tim Riset MAN Demak meraih medali emas (gold winner) pada ajang WICE   2024 kategori IT dan Robotic dari 126 tim yang berasal dari 15 negara,” ujarnya.

Tim Riset MAN Demak beranggotakan Mufi Ahmad Baehaqy XII-1, Bagus Hadlim Aqil XII-1, Eny Zuliyanti XII-2, Mentari Farikhanaila XI-6. Keempat siswa tersebut bukan saja mengharumkan nama Kabupaten Demak, tetapi juga Provinsi Jawa Tengah dan Indonesia ke tingkat internasional.

Mereka berhasil menjadi salah satu tim terbaik dengan proyek sains terapan berjudul: "Satfis: Solar Powered loT Technology for Sustainable  Fish Farming Management". Selama melakukan riset dan berkompetisi, mereka dibimbing Dra. Hj. Muni'ah, M.Pd. dan Muhammad Adib Ubaidillah, S.T. 

"Keberhasilan ini menjadi bukti kemampuan dan dedikasi tim riset MAN Demak dalam mengembangkan penemuan berbasis sains yang bermanfaat bagi perikanan. Semoga prestasi gemilang ini menginspirasi mereka untuk terus berkarya,” jelas Muni'ah.

Ketua aprogram BSC-RISET MAN Demak Qoim Rohmawati, S.Si.,M.Pd., turut mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan delegasi anak didiknya.

“Anak-anak telah menunjukkan performanya bahwa melalui kerja keras, kolaborasi, dan dedikasi, mereka mampu bersaing di kancah internasional,” ujarnya.

“Kami berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk terus mengejar impian dan mengembangkan potensi mereka di bidang sains dan teknologi. Kelas BSC-Riset MAN Demak senantiasa mendukung setiap langkah inovatif yang diambil oleh para peserta didik,” tambahnya.

Kamad menambahkan, penghargaan tersebut merupakan buah dari kinerja seluruh jajaran tim MAN Demak yang solid yang selama ini telah bekerja dengan maksimal.

"Maka marilah kita saling bekerja sama untuk memberikan yang terbaik untuk madrasah yang kita cintai ini. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik dalam kepemimpinan saya, dalam hal prestasi yang dapat mengharumkan nama MAN Demak," pungkasnya. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024