Semarang (ANTARA) - Demi mewujudkan universitas berkelas dunia, Walisongo Halal Center UIN Walisongo mengadakan pelatihan Sharia Board Training dengan Halal Quality Control (HQC) bersama sembilan negara termasuk Belanda, Prancis, Nigeria, dan yang lain.

Pelatihan dilaksanakan secara daring pada Selasa - Rabu (17--18/9/2024). Kegiatan dibuka oleh Rektor UIN Walisongo  Prof Dr. Nizar, M.Ag., dan dihadiri Ketua WHC UIN Walisongo Dr. Malikhatul Hidayah, ST, M.Pd, MT dan  Kepala BPJPH(Badan Penjamin Jaminan Produk Halal) Dr. Aqil Irham.

Sebelumnya WHC telah melakukan pelatihan dengan Uruguay dari UIC, di mana lembaga ini peduli terhadap pengendalian mutu halal di negaranya. 

Dalam pembukaannya Sharia Board Training ini Kepala BPJPH(Badan Penjamin Jaminan Produk Halal) Dr. Aqil Irham, menyampaikan bahwa  merasa sangat bangga dan berterima kasih kepada Walisongo Halal Center atas inisiatifnya dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Pelatihan sharia  board merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi dalam pengawasan serta sertifikasi produk halal luar negeri. 

Rektor UIN Walisongo, Prof Nizar dalam sambutannya menyampaikan Sinergi antara HQC dari berbagai negara akan sangat bermanfaat bagi pengembangan produk halal yang berkualitas”

Dr. Malikhatul Hidayah, ST, M.Pd, MT menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan pertama di Indonesia dan menjadi proyek percontohan bagi BPJPH di mana Walisongo Halal Center melaksanakan sharia board training secara berkelanjutan di negara yang lain.

Walisongo Halal Center berkomitmen untuk menjadi pusat unggulan dalam pengembangan industri halal bukan hanya di Indonesia bahkan global.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, akan terjalin kemitraan yang lebih erat antarnegara dalam meningkatkan kualitas dan kepercayaan konsumen terhadap produk halal. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024