Pekalongan (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memastikan stok darah yang tersedia masih mencukupi kebutuhan masyarakat meski permintaan darah terus meningkat.

"Kebutuhan darah kini terus meningkat yaitu semula 25-30 kantong menjadi 35-40 kantong per hari, namun stok masih mencukupi," kata Petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Pekalongan Aji Putro Prakoso di Pekalongan, Jumat.

Ia mengatakan bahwa meningkatnya permintaan kebutuhan darah tersebut didominasi untuk kebutuhan pasien anemia.

Menurut dia, komponen darah lengkap saat ini ada 98 kantong golongan darah A, B 112 kantong, sebanyak 93 kantong, serta AB 42 kantong.

"Adapun, untuk plasma darah beku ada 6 kantong golongan darah A, golongan darah B ada 2 kantong dan O ada 8 kantong," katanya.

Ia menjelaskan, kebutuhan darah tersebut masih dapat dipenuhi karena ditunjang dengan kegiatan mobile unit yang hampir setiap hari digelar oleh PMI.

Aji Putro mengatakan masyarakat bisa melakukan donor darah secara rutin baik di kantor PMI yang buka 24 jam maupun melalui unit keliling yang tersedia di berbagai lokasi di daerah setempat.

"Kami mengimbau masyarakat bisa melakukan donor. Dengan melakukan donor darah ini adalah sebagai tindakan kemanusiaan," katanya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Surakarta serahkan santunan kepada ahli waris PMI

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024