Solo (ANTARA) - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Hartono meminta para lulusan perguruan tinggi itu berkontribusi bagi kemajuan bangsa dengan menjadikan ilmu mereka sebagai alat menciptakan perubahan positif.

"Pendidikan yang telah kalian peroleh bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk memberikan manfaat bagi orang lain," katanya pada Wisuda Periode VII Tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Oleh karena itu, ia meminta ilmu yang telah dipelajari oleh para lulusan selama menjadi mahasiswa UNS bisa menjadi alat untuk menciptakan perubahan positif.

"Tidak hanya berfokus pada keberhasilan pribadi tetapi juga berkontribusi pada kemajuan bangsa dan kemanusiaan," katanya.

Menurut dia, wisuda bukan merupakan akhir dari perjalanan melainkan awal dari babak baru dalam kehidupan para lulusan.

"Gelar yang diraih hari ini adalah hasil dari perjalanan panjang yang penuh tantangan, namun juga penuh dengan pembelajaran dan pengalaman berharga," katanya.

Ia mengatakan masyarakat menanti kontribusi para lulusan UNS dalam lingkungan kerja maupun masyarakat.

Ia berpesan kepada para lulusan untuk selalu menjaga nama baik almamater dengan menjadi teladan dalam segala aspek kehidupan.

"Jadilah pemimpin yang bijaksana, profesional yang kompeten, dan warga negara yang bertanggung jawab," katanya.

Kali ini UNS mewisuda 1.164 lulusan. Dari lulusan tersebut, 788 wisudawan di antaranya lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

"Kali ini juga ada empat wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Rusia dan Timor Leste," kata Wakil Rektor Akademik dan Penelitian UNS Fitria Rahmawati.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024