Batang (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sepakat mengusung pasangan calon Bupati Fauzi Fallas dengan calon wakil Bupati Ahmad Ridwan di Pemilihan Umum Serentak 2024.

Ketua Dewan Syuro PKB Kabupaten Batang Syakur Suudi di Batang, Jumat, mengatakan bahwa pengurus partainya telah menggelar musyawarah daerah guna menetapkan arah koalisi dalam menghadapi pemilihan bupati.

"Secara bulat seluruh jajaran pengurus DPC PKB Batang sepakat untuk meminang Ahmad Ridwan untuk mendampingi Haji Fauzi Fallas sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada 2024," katanya.

Koalisi kedua partai itu sendiri diwujudkan dengan penandatanganan kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding) antara Ketua DPC PKB dan Ketua DPC PDI P di kantor DPC PDI P, Jumat (23/8).

Fauzi Fallas saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Batang dan Ahmad Ridwan menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Batang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Kabupaten Batang Fauzi Fallas mengatakan setelah melakukan penjajakan dan musyawarah dengan internal partai maka diputuskan untuk menggandeng Ahmad Ridwan sebagai calon wakil bupati pada pilbup.

"Sebelumnya ada beberapa pilihan namun kami sudah mantap untuk memilih pak Ahmad Ridwan. Dan hari ini, PKB resmi berkoalisi dengan PDI P untuk menghadapi Pilbup 2024," katanya.

Selain dengan PDIP, Fauzi Fallas juga mengungkapkan sudah adanya beberapa partai politik lainnya di Kabupaten Batang yang sudah berkoalisi dengan PKB yaitu NasDem, Demokrat, PAN, dan Partai Gelora.

"Selain itu juga sudah melakukan penjajakan dengan Partai Gerindra. Insyaallah, kita bisa memenangkan Pilkada 2024," katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Batang Ahmad Ridwan mengaku tersanjung dan berterima kasih atas kepercayaan pihak PKB yang memilih dirinya untuk mendampingi balon bupati Fauzi Fallas di Pilbup 2024.

Koalisi ini, kata dia, seperti mengulang koalisi antara Gus Dur (Abdurrahman Wahid) dengan Megawati Soekarnoputri.

Ia mengatakan bahwa majunya Fauzi Fallas pada Pilbup 2024 merupakan jawaban atas harapan warga yaitu adanya putra daerah yang mencalonkan diri sebagai calon bupati untuk bisa memimpin daerahnya sendiri.

"Ini adalah jawaban dari harapan dan juga keinginan warga yaitu putra daerah yang menjadi calon dan insyaalah nantinya menjadi Bupati Batang. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mendukung pencalonan pak Fauzi Fallas," katanya.

Baca juga: Pengamat politik soroti sikap hati-hati PDIP pada Pilkada Surakarta 2024

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024