Batang, Jawa Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyatakan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) merupakan bagian pemerintah untuk memastikan pelayanan publik agar makin baik.

"Kami berharap melalui seleksi ini, bisa mendapatkan PNS yang tidak hanya memiliki kompetensi teknis, tetapi juga berintegritas dan berdedikasi tinggi," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Ari Yudianto di Batang, Jateng, Jumat.

Demikian juga, kata dia, dengan komposisi formasi yang ada, maka kebutuhan akan sumber daya manusia yang mumpuni di berbagai sektor dapat terpenuhi.

Menurut dia, seleksi CPNS akan dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu mulai dari seleksi administrasi, kompetensi dasar, hingga kompetensi bidang.

Kemudian, materi yang diujikan dalam sistem kompetensi dasar meliputi tes inteligensi umum, tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik pribadi.

"Sistem yang digunakan dalam pelaksanaan seleksi adalah computer assisted test (CAT) yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Kami ingin memastikan bahwa proses ini berjalan dengan adil dan objektif," katanya.

Ari juga mengingatkan para calon pelamar untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin karena perekrutan CPNS adalah kesempatan yang baik bagi mereka yang ingin berkarir sebagai pegawai negeri sipil.

"Kami berharap pelamar bisa mempersiapkan diri dengan baik dan manfaatkan kesempatan ini dengan maksimal. Dengan segala persyaratan dan proses yang telah ditetapkan diharapkan seleksi ini akan menghasilkan aparatur negara yang kompeten dan siap melayani masyarakat dengan sepenuh hati," katanya.

Kepada masyarakat yang tertarik mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil, proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui portal SSCASN 2024 di https://sscasn.bkn.go.id/.

Dokumen persyaratan yang harus diunggah mencakup surat lamaran, KTP, ijazah, transkrip nilai, dan beberapa dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Pemkab Banyumas buka seleksi CPNS untuk 77 formasi

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024