Banyumas, Jateng (ANTARA) - Perum Bulog Cabang Banyumas menggelar kegiatan "Bulog Siaga Merdeka" di Lapangan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia.

"Kegiatan 'Bulog Siaga Merdeka' ini dilaksanakan serentak di 79 titik se-Indonesia, salah satunya Lapangan Kedungbanteng," kata Pimpinan Perum Bulog Cabang Banyumas Prawoko Setyo Aji di Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jateng, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan tersebut digelar dalam rangka mengamankan harga pangan pada momentum HUT RI.

Ia mengakui respons masyarakat terhadap kegiatan tersebut sangat bagus karena mereka menyerbu komoditas yang dijual dengan harga murah oleh Bulog seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, dan gula pasir.

"Untuk beras, misalnya, terjual hingga hampir 1 ton. Kami mengapresiasi warga dan berharap ini akan membantu mereka," katanya.

Baca juga: Bulog Banyumas segera serap gabah hasil panen petani

Salah seorang warga, Ritem (54) mengaku terbantu dengan adanya kegiatan "Bulog Siaga Merdeka" yang menjual sejumlah komoditas pangan dengan harga murah.

"Saya tadi beli beras dengan harga Rp56.500 per kantong isi 5 kilogram. Harganya di bawah harga pasaran," katanya.

Menurut dia, harga beras di pasaran saat ini mencapai Rp13.500 per kilogram, sedangkan beras yang dijual Bulog dengan harga Rp56.500 per kantong isi 5 kilogram itu setara dengan Rp11.300 per kilogram.

Warga lainnya, Masitoh (51) mengaku selain membeli beras, juga membeli minyak goreng yang dijual Bulog dengan harga Rp14.500 per liter.

"Kalau di pasaran harganya Rp15.000 per liter, jadi di sini lebih murah," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan Bulog secara rutin menggelar kegiatan sejenis karena dapat meringankan beban masyarakat.

Baca juga: Bulog Banyumas salurkan bantuan pangan tahap ketiga
Baca juga: Bulog Surakarta serentak salurkan bantuan pangan tahap III
Baca juga: Bulog Semarang gencar suplai beras jaga stabilitas harga

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024