Solo (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai politik kedua yang sepakat mengusung KGPAA Mangkunegara X (MN X)-Astrid Widayani pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024. 

"Untuk PAN sudah jelas merekomendasikan Gusti Bhre dan Ibu Astrid," kata Ketua DPD PAN Surakarta Achmad Sapari di Solo, Jawa Tengah, Jumat. 

Ia mengatakan surat rekomendasi dari PAN kepada dua tokoh itu akan langsung diserahkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam waktu dekat. 

Menurut dia, sebetulnya SK sudah jadi namun ketua umum akan menyerahkan secara langsung kepada keduanya. 

"Di Solo atau di Jakarta nanti tergantung Pak Zulkifli Hasan," katanya. 

Sementara itu, dengan masuknya dukungan PAN otomatis pasangan MN X-Astrid sudah mendapatkan delapan kursi di DPRD. Dengan demikian, untuk memenuhi batas minimum pendaftaran Pilkada Surakarta 2024 memerlukan satu kursi suara lagi.

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (Indonesia) sudah memberikan rekomendasi pada pasangan tersebut. Rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Terkait hal itu, Sapari memastikan pasangan tersebut akan mampu mendapatkan dukungan dari 25 kursi di legislatif. 

"Saya jamin semua akan mengusung. Beberapa kali pertemuan justru kami dianggap ketinggalan sendiri. Begitu saya diundang dengan visi misi semua kandidat kami mantap 25 kursi," katanya. 

Mengenai dukungan yang diberikan, Astrid memberikan apresiasi. 

"Karena ini masih proses, saya kira satu minggu ini akan lebih intensif komunikasi dengan Gusti Bhre. KPU pendaftarannya kan masih 27 Agustus. Dalam hal ini, kami menghargai keputusan parpol," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024