Sukoharjo (ANTARA) - Kecamatan Grogol mencatatkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) terbanyak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo Syakbani Eko Raharjo di Kabupaten Sukoharjo, Senin, menyebutkan jumlah pemilih terbanyak di Kecamatan Grogol sebanyak 91.041 orang, berikutnya Kecamatan Kartasura sebanyak 82.717 orang.

Selanjutnya Kecamatan Sukoharjo Kota tercatat 74.538 orang, Kecamatan Nguter 41.170 orang, dan Kecamatan Bulu 28.794 orang.

Dengan demikian, total DPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo 2024 sebanyak 685.670 orang, terdiri atas 338.543 laki-laki dan 347.127 perempuan.

"Penetapan DPS ini berdasarkan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) berjejang dari tingkat PPS dan PPK," katanya menjelaskan.

Sesuai dengan peraturan, kata dia, penetapan DPS tersebut akan diumumkan kepada masyarakat untuk mendapatkan tanggapan dan masukan.

"Kalau ada data pemilih yang tidak sesuai dan tercecer, dapat memberikan tanggapan dan masukan," kata Syakbani.

Terkait dengan hal itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Rochmad Basuki mengapresiasi kinerja KPU setempat yang sudah melakukan pemutakhiran data pemilih.

Meski demikian, dia berharap ada beberapa catatan yang perlu perbaikan ke depan.

Pertama, lanjut dia, terkait dengan sumber data, kemudian kedua soal kepatuhan pantarlih dalam melakukan kerja-kerjanya.

Rochmad menyebutkan ada beberapa yang kurang patuh. Selain itu, juga ketepatan waktu.

"Ini beberapa masalah mendasar pada tahapan coklit Pilkada 2024," katanya.

Baca juga: KPU Kota Semarang tetapkan DPS Pilkada 1.267.308 pemilih

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024