Solo (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menghadirkan Pasar Kangen di Candi Prambanan, Yogyakarta setelah tahun sebelumnya sukses menyelenggarakan acara serupa di Solo, Jawa Tengah. 

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F Haryn di Solo, Jawa Tengah, Sabtu mengatakan Pasar Kangen yang menjadi bagian dari kegiatan Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget! tersebut diselenggarakan pada 22-24 Agustus 2024. 

"Acara ini menjadi komitmen kami dalam merawat nilai-nilai kebudayaan luhur dan memajukan industri kreatif," katanya. 

Ia mengatakan ada sekitar 60 UMKM akan tergabung dalam Pasar Kangen ini, termasuk beragam UMKM binaan Desa Bakti BCA dan program Bangga Lokal BCA. Nantinya acara tersebut akan diselenggarakan di area outdoor Plaza Trimurti.

Selain Pasar Kangen, pada kegiatan yang sama akan ditampilkan pula pagelaran musikal berjudul Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa di Ramayana Ballet Prambanan. 

"Pertunjukan ini akan menyajikan kisah pewayangan terinspirasi dari legenda
Indonesia yang disampaikan melalui tarian-tarian, lagu-lagu, dan musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Pertunjukan ini akan menampilkan Nicholas Saputra, Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra, dan MALIQ & D'Essentials. 

Untuk pertunjukan ini pihaknya juga menyediakan tiket dalam jumlah terbatas secara gratis yang bisa diperoleh masyarakat melalui Loket.com mulai tanggal 13 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB.

Sebagai rangkaian acara, akan ada pula pertunjukan dari Jogja Hip Hop Foundation dan Ririn Sinden Gemoy.

"Hal ini menjadi upaya kami dalam mendorong kesadaran akan pentingnya memelihara warisan budaya Indonesia, serta memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi para seniman tanah air," katanya.

Termasuk juga kolaborasi dengan Pasar Kangen, dikatakannya, bagian dari upaya melestarikan tradisi dan kuliner tradisional Indonesia.

"Sekaligus mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM lokal," katanya. 
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024