Purwokerto (ANTARA) - Anggota DPD RI Abdul Kholik secara musyawarah mufakat terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) periode 2024-2024 dalam Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2024 dengan agenda tunggal Pemilihan Ketum PP Kaunsoed.

Dalam laporan pembukaan Munas Kaunsoed di Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman, Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (4/8), Ketua Panitia  Prof Dr Hibnu Nugroho SH MH mengatakan acara Munas Kaunsoed Tahun 2024 sangat dinamis karena ada 9 calon Ketua PP Kaunsoed.

Menurut dia, calon ketua tersebut berasal dari angkatan 80-an sampai angkatan 2007. 

"Termasuk calon dari alumni Fakultas Peternakan, yaitu Bambang Rijanto Japutra dan Zainal Abidin," katanya.

Sementara itu, Rektor Unsoed Prof Dr Ir Akhmad Sodiq mengatakan alumni Unsoed harus bisa bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membawa almamater berkibar.

Dalam munas tersebut, semua calon ketua umum diberikan waktu untuk memaparkan visi dan misi. Setelah itu terjadi musyawarah untuk menentukan ketua lewat jalur aklamasi mufakat.

Sembilan calon ketua umum tersebut terdiri atas Abdul Kholik, Bambang Rijanto Japutra, Zainal Abidin, Syamsudin Hadi Sutarto, Ma'ruf Cahyono, Andrian Lamemuhar, Mahelan Prapantarikso, Tri Wuryaningsih, dan Ade Christanty Yudha Bestari.

Setelah melalui mekanisme musyawarah, seluruh calon memberikan kata mufakat untuk Abdul Kholik dari Fakultas Hukum dipilih menjadi Ketum PP Kaunsoed periode 2024-2028.

Terkait dengan hal itu, Abdul Kholik mengatakan keluarga besar alumni Unsoed telah melaksanakan munas dengan baik, sangat demokratis, serta dengan penuh kekeluargaan dan kebersamaan.

Baca juga: Akademisi: Pengembangan keuangan digital bantu perekonomian Indonesia

"Motto kompak semangat kita hari ini bisa diwujudkan, sehingga proses berjalan baik, bisa mencapai mufakat untuk pemilihan Ketum PP Kaunsoed ini," katanya.

Dengan demikian, kata dia, semua utusan bertekad bulat untuk bersama-sama mewujudkan kemajuan Unsoed.

Menurut dia, kebersamaan dan kekeluargaan tersebut menjadi fondasi untuk memaksimalkan program kerja ke depan.

"Insyaallah Kaunsoed semakin baik, bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara," kata senator asal Jawa Tengah itu.

Lebih lanjut, Kholik mengaku akan mendorong para mahasiswa Unsoed supaya tidak hanya cakap dalam keilmuan saja, juga harus memiliki keahlian-keahlian tertentu. 

Menurut dia, hal itu sangat dibutuhkan untuk menjawab tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi.

"Mahasiswa atau calon alumni harus punya networking, skill-skill khusus yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Tadi arahan program kerja juga mendorong program spesifik terkait dengan profesi dan sebagainya. Kami nanti akan perkuat untuk membekali calon alumni Unsoed," katanya.

Baca juga: Peneliti berbagai perguruan tinggi bahas ketahanan pangan di Unsoed
Baca juga: Unsoed bangun Integrated Medical Education tingkatkan kualitas pembelajaran
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024