Semarang (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencaksilat Universitas Semarang (USM) berhasil meraih gelar juara umum dalam kategori dewasa pada Kabumian Championship 1 Tahun 2024. 

Kejuaraan ini memperebutkan Piala Bupati Kebumen dan berlangsung selama dua hari, dari 27 hingga 28 Juli 2024, di GOR Gembira, Kabupaten Kebumen.

Pada kejuaraan ini, UKM Pencaksilat USM berhasil membawa pulang tujuh medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

Dalam ajang ini, beberapa mahasiswa USM berhasil meraih prestasi gemilang. Constantin Dwiva Purbowo, mahasiswa Fakultas Hukum, meraih juara 2 Kelas F Putra. Axel Muhammad Faza, mahasiswa Fakultas Hukum, meraih juara 2 Kelas D Putra. 

Selanjutnya, Devi Nanda Irana, mahasiswa Fakultas Hukum, berhasil meraih juara 1 Kelas G Putri. Sastriawan Ulul Albab, mahasiswa Ilmu Komunikasi, juga menyabet juara 1 Kelas I Putra.

Selain mereka, mahasiswa lainnya juga menunjukkan prestasi luar biasa. Nur Hamid L.B., mahasiswa Fakultas Ekonomi, meraih juara 3 Kelas A Putra. Ferdi Wiratama, mahasiswa Fakultas Ekonomi, mendapatkan juara 1 Kelas C Putra. Enno Novianti, mahasiswa Fakultas Psikologi, meraih juara 1 Kelas H Putri.

Sedangkan Danar Wahyu Herlambang, mahasiswa Fakultas Teknik, meraih juara 1 Kelas B Putra. Ira Nur Juliana, mahasiswa Fakultas Ekonomi, meraih juara 1 Kelas F Putri, dan Reyhan Daffa Kistalova, mahasiswa Fakultas Ekonomi, meraih juara 1 Kelas H Putra.

Selanjutnya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USM, Dr. Muhammad Junaidi SHI MH, mengapresiasi capaian tersebut. 

“Saya mengapresiasi tinggi kepada UKM Pencaksilat USM yang berhasil meraih 7 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Ini adalah hasil dari kerja keras dan disiplin kalian dalam latihan. Disiplin dan dedikasi dalam latihan adalah kunci konsistensi UKM Pencaksilat dalam meraih prestasi. Saya juga berterima kasih kepada Disporapar Provinsi Jawa Tengah yang telah mendukung kegiatan Pencaksilat USM. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan dapat meningkatkan prestasi anak-anak ke depannya,” ujar Junaidi.

Sementara itu, Ketua UKM Pencaksilat USM, Constantin Dwiva Purbowo, merasa bangga terhadap timnya. “Saya bangga dengan teman-teman atas kerja keras dan usaha dalam latihan serta tekad untuk meraih juara. Semua dilakukan dengan niat serius,” ungkap Dwiva.

Ia juga berbagi pengalamannya selama pertandingan, “Mengikuti pertandingan ini sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman berharga bagi kami. Tidak terduga, dalam satu hari kami harus bertanding 3-4 kali, menguras tenaga dan memerlukan stamina ekstra.”

Selain itu, Dwiva berharap UKM Pencaksilat USM terus berkembang dan berprestasi. “Harapan saya ke depannya, UKM Pencaksilat bisa terus berkembang dan berprestasi. Yang tidak kalah penting, tim ini harus tetap kompak dan solid. Dengan progres yang baik setiap tahunnya, semoga kami bisa mencapai jenjang multievent yang lebih tinggi seperti Pomnas,” tutupnya. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024