Semarang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I menggelar kegiatan "Spectaxcular 2024" di Car Free Day (CFD) Simpang Lima Semarang, Minggu (14/7).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pajak yang jatuh setiap tanggal 14 Juli dan diperingati secara serentak di seluruh Indonesia.

Yang menarik, pada gelaran kali ini Kanwil DJP Jawa Tengah I menggandeng seluruh unit instansi vertikal di bawahnya dan perwakilan unit eselon I Kementerian Keuangan di Provinsi Jawa Tengah atau yang biasa disebut Kemenkeu Satu Jateng.

Dalam gelaran ini terlibat sejumlah 22 unit instansi vertikal Kanwil DJP Jawa Tengah I mulai dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Semarang, KPP Madya Dua Semarang, KPP Pratama Tegal, KPP Pratama Pekalongan, KPP Pratama Batang, KPP Pratama Salatiga, KPP Pratama Semarang Selatan, KPP Pratama Semarang Timur, KPP Pratama Semarang Barat, KPP Pratama Semarang Tengah, KPP Pratama Candisari, KPP Pratama Gayamsari, KPP Pratama Demak, KPP Pratama Kudus, KPP Pratama Pati, KPP Pratama Blora, KPP Pratama Jepara, Kantor Pelayanan, Penyuluhan
dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Bumiayu, KP2KP Kendal, KP2KP Ungaran, KP2KP Purwodadi, dan KP2KP Rembang.

Selain itu, unit instansi yang terlibat dari Kemenkeu Satu Jateng adalah Kantor
Pengelolaan TIK dan BMN Semarang, Kanwil DJBC Jateng dan DIY, Kanwil DJKN Jateng dan DIY serta Kanwil DJPB Jateng.

Pada gelaran kali ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari senam aerobik, edukasi perpajakan dan pengenalan program Kemenkeu, lelang murah, pembagian doorprize, serta hiburan oleh SKS Band yang merupakan band dari Kanwil DJP Jawa Tengah I. Pada kegiatan ini pula para UMKM binaan Kemenkeu Satu Jateng diterjunkan untuk melakukan bazar.

Max Darmawan, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun ini bertujuan untuk mendekatkan layanan dan memberikan informasi terbaru seputar perpajakan.

“Kegiatan ini kami rutin laksanakan, kebetulan di tahun 2024 ini bertepatan dengan CFD jadi kami selenggarakan di CFD,” ungkapnya.

“Tujuannya satu ya, untuk mendekatkan layanan dan memberikan update informasi perpajakan terbaru, kan kami kebetulan ada program baru seperti pemadanan NIK-NPWP,” ujarnya.

Max juga mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan memberikan dampak kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih mengerti dan memahami arti penting pajak.

“Diharapkan masyarakat juga bisa semakin sadar pajak dan mengerti arti penting pajak yang manfaatnya kita rasakan sehari-hari,”
ujar Max.

Kegiatan menjadi semakin semarak dengan adanya lelang barang dengan harga murah mulai dari Rp50.000. Barang yang dilelang pun bermacam-macam mulai dari televisi hingga keris. Menariknya barang-barang ini laku terjual kepada para pengunjung. Lelang yang dilakukan oleh Pejabat Lelang DJKN ini juga salah satu kampanye pengenalan program milik Kemenkeu Satu

Kurang lebih sekitar 1.000 orang meramaikan acara yang digelar mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB ini. Hal ini dilihat dari total tiket kupon doorprize yang dibagikan kepada pengunjung ludes terbagi. Kegiatan ditutup dengan penampilan SKS Band yang sukses menggoyang pengunjung dan membuat para pengunjung berjoget. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah atensi masyarakat
dan meningkatkan kepatuhan pajak. ***
#PajakKuatAPBNSehat

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024