Semarang (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Ungaran terus berupaya meningkatkan layanan administrasi kepesertaan dan informasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) salah satunya dengan membuka pelayanan BPJS Keliling di Gelar Budaya dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berlokasi di Lapangan Perusda Tlogo, Kabupaten Semarang, Sabtu (6/7). 

Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran Prabowo menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di sekitar Kecamatan Tuntang akan program JKN.

"Layanan BPJS Keliling yang kami hadirkan dalam kegiatan Gelar Budaya dan UMKM di Kecamatan Tuntang merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Baik yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN, ataupun masyarakat yang baru akan mendaftarkan dirinya beserta keluarga sebagai peserta," kata Prabowo.

Meskipun di era digitalisasi saat ini BPJS Kesehatan telah mengembangkan kanal-kanal layanan administrasi, informasi, dan pengaduan diantaranya Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Cabang Ungaran masih terus memberikan layanan BPJS Keliling. 

Hal tersebut dilakukan mengingat masih adanya daerah-daerah di wilayah Kabupaten Semarang dengan kondisi geografis yang susah mendapatkan sinyal untuk memanfaatkan kanal layanan non-tatap muka yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan.

"Kegiatan Gelar Budaya dan UMKM yang diselenggarakan di Kecamatan Tuntang pasti akan didatangi oleh warga sekitar, kami berharap layanan BPJS Keliling bisa dimanfaatkan oleh warga yang hadir pada acara tersebut. Banyak sekali layanan BPJS Keliling di antaranya yaitu perubahan data peserta, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), serta informasi dan penanganan pengaduan," kata Prabowo.

Terlihat antusias dari warga di sekitar Kecamatan Tuntang yang mendatangi mobil BPJS Keliling dari BPJS Kesehatan Cabang Ungaran banyak di antara mereka yang bertanya terkait dengan kepesertaan program JKN milik mereka masing-masing. Bahkan ada juga beberapa dari mereka menggali informasi kepada petugas BPJS Keliling terkait manfaat dari program JKN saat digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

Selain itu banyak dari peserta yang mengunjungi layanan BPJS Keliling yang hadir dalam acara Gelar Budaya dan UMKM di Kecamatan Tuntang meminta bantuan dari petugas BPJS Keliling untuk melakukan pendaftaran Aplikasi Mobile JKN. Salah satu warga yang melakukan regitrasi pada Aplikasi Mobile JKN yaitu, Imam Santoso, sebagai perangkat desa di Kelurahan Gedangan, Kecamatan Tuntang, dirinya mengaku tertarik dengan fitur yang terdapat di Aplikasi Mobile JKN.

"Saya ingin merasakan kemudahan dari fitur-fitur yang terdapat di Aplikasi Mobile JKN, menurut saya setelah dibantu oleh petugas BPJS Keliling untuk registrasi hingga berhasil masuk ke akun saya pada Aplikasi Mobile JKN ternyata fiturnya sangat lengkap, kitab isa mendapatkan informasi terkait kepesertaan program JKN pada aplikasi tersebut," kata Imam.

Dirinya juga mengatakan dengan adanya Aplikasi Mobile JKN yang sudah lengkap dengan fitur-fitur kemudahannya dengan begitu tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan lagi. Terlebih letak tempat tinggalnya yang jauh apabila akan mendatangi Kantor BPJS Kesehatan.

"Menurut saya aplikasi ini sangat memudahkan, dengan satu genggaman saja kita bisa melihat informasi kepesertaan kita, dimana fasilitas kesehatan kita terdaftar, bahkan kita juga bisa mengganti FKTP kita juga. Saya berharap semoga BPJS Kesehatan bisa terus hadir untuk memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat. Dengan adanya program JKN, banyak masyarakat yang sudah mendapatkan manfaat jaminan kesehatan ketika sakit,” tutup Imam. 
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024