Kudus (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meraih juara sebagai gerai terbaik pada lomba "Semarak Kata Kreatif 2024" tingkat Jateng dengan menampilkan produk ekonomi kreatif khas Kudus seperti kerajinan ukir rumah adat, kopi muria, serta bordir icik.

"Selain materi gerai yang mengangkat kearifan lokal dan produk ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Kudus, juga penataan gerai dan memberikan edukasi terhadap pengunjung gerai," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah di Kudus, Minggu.

Petugas yang disiapkan, kata dia, juga mampu memberikan penjelasan terhadap setiap produk yang ditampilkan dengan baik.

"Tidak hanya soal produknya, tetapi pengunjung juga mendapatkan penjelasan soal sejarah masing-masing produk yang ditampilkan," ujarnya.

Untuk memberikan pengalaman yang berbeda terhadap setiap pengunjung, maka diberikan kesempatan untuk mencoba beratraksi ikut berkegiatan. Di antaranya, ikut menyeduh kopi muria khas Kota Kudus, serta mencoba mengukir.

Sementara untuk kerajinan bordir icik atau bordir manual, kata dia, sebagai oleh-oleh untuk setiap pengunjung gerai pada acara "Semarak Kata Kreatif 2024" yang diselenggarakan oleh Pemprov Jateng bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mulai 21-23 Juni 2024 di Menara 6 Teratai Purwokerto dan GOR Satria Purwokerto.

Selama pameran, imbuh dia, mendapatkan respons luar biasa. Bahkan, Kemenparekraf juga ikut mengunjungi gerai Disbudpar Kudus.

Ia bertekad untuk meningkatkan kualitas produk pelaku UMKM di Kudus, sehingga nantinya juga bisa berkembang dengan baik.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024