Semarang (ANTARA) - Sebagai wujud ketakwaan hamba kepada Tuhan, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mengadakan penyembelihan hewan kurban memperingati Hari Raya Idul Adha 1445H/2024, Rabu (19/6).

Proses pemotongan hewan kurban dilakukan di area parkir belakang Kantor Wilayah dengan disaksikan langsung oleh Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Wilayah Tejo Harwanto terlebih dahulu menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Deni Kristiawan.

Ada lima ekor hewan kurban, terdiri atas dua  sapi dan tiga kambing yang merupakan partisipasi dari pegawai Kantor Wilayah, Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian, dan Bapas Semarang.

Daging kurban akan didistribusikan bagi masyarakat di sekitar Kantor Wilayah yang membutuhkan. Kakanwil berharap apa yang telah dilakukan jajaran Kemenkumham Jateng ini akan memberikan manfaat dan meringankan beban sesama manusia.

"Belajar dari kisah dari Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s., yaitu apa pun yang kita punya di dunia ternyata adalah milik Allah Swt.," ujar Kakanwil sebelum pelaksanaan penyembelihan.

"ASN Kemenkumham Jateng telah berkontribusi dan peduli dalam pelaksanaan Idul Adha tahun ini, dan telah memberikan manfaat bagi lingkungan di sekitarnya," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengajak jajarannya untuk tidak mengkhawatirkan permasalahan di dunia karena hakikatnya manusia akan hidup kekal di akhirat nanti.

"Jangan khawatir atas permasalahan di dunia, yang perlu dikhawatirkan adalah apabila kita hidup di dunia tidak punya bekal di akhirat,"

"Kita semua harus mempersiapkan diri masing-masing untuk kehidupan di akhirat kelak," katanya.

Kakanwil mengutip bagaimana kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dapat menjadi pengingat umat manusia apa pun yang dimiliki di dunia, materi, jabatan, gelar, anak, dan lain sebagainya, semua tidak akan ada yang abadi.

Sebelum dilakukan penyembelihan, terlebih dahulu hewan kurban dilakukan pengecekan kesehatan oleh Dokter Hewan dari Dinas Pertanian Kota Semarang. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024