Batang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menerima pendaftar dua bakal calon yang akan mengikuti kontestasi pada Pilkada Serentak 2024.

"Ya, sudah ada dua bakal calon yang mendaftar, yaitu sebagai calon wakil bupati dan calon bupati," kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Batang Taufik Hidayat di Batang, Rabu.

Dua bakal calon tersebut adalah mantan Wakil Bupati Batang Suyono yang mendaftar sebagai bakal calon bupati dan Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Batang Sodik yang sudah mengambil formulir calon wakil bupati pada Rabu siang.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih terus melakukan penjaringan kader partai yang akan maju dalam Pilkada Serentak 2024 yang akan ditutup pada tanggal 10 Juni 2024.

Untuk penjaringan, pihaknya akan melakukan verifikasi dan pendalaman lagi siapa calon yang akan diajukan ke DPD Partai Gerindra Jateng.

"Nantinya, dari DPD dan DPP, surat rekomendasi akan turun ke DPC Gerindra Kabupaten Batang. Tidak tertutup kemungkinan dari internal, namun bagi calon eksternal yang memenuhi syarat kuat bisa diajukan menjadi calon," katanya.

Taufik Hidayat menyebutkan sejumlah syarat pada calon yang bisa memenangi pilkada di Batang seperti memiliki kapasitas, kapabilitas, siap mental, tingkat elektabilitas, dan siap materi.

"Kami sudah tahu bahwa Kabupaten Batang tidak lepas dari materi pendanaan. Jadi, calon harus power dan siap maju dengan hasil menang," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya mulai membangun koalisi dengan sejumlah partai seperti PKB, Golkar, Hanura, dan Demokrat karena Gerindra belum bisa mengajukan calon sendiri.

Bakal calon wakil bupati Sodik mengatakan bahwa pihaknya bertekad maju dalam pilkada karena ibadah dan ingin membangun daerah lebih maju serta bermanfaat bagi warga daerah.

"Kami sebagai putra daerah dan kader Partai Golkar ingin mengabdikan diri dan membangun daerah agar lebih maju. Saya sudah melakukan safari politik dengan bertemu tokoh partai, ormas, dan masyarakat untuk maju pada Pilkada 2024," katanya.

Baca juga: Hercules dampingi Diah Warih daftar ke Gerindra

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024