Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) pada tahun 2024 membangun Gedung Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) II untuk memfasilitasi kebutuhan penginapan mahasiswa. 

Proyek tersebut tidak hanya bertujuan untuk menyediakan akomodasi bagi mahasiswa Unsoed, juga untuk memberikan nilai tambah berupa pengembangan softskill bagi para penghuninya.

Pembangunan fisik Gedung Rusunawa II telah dimulai pada awal Januari 2024 dan dijadwalkan selesai pada bulan Agustus 2024. 

"Setiap kamarnya dilengkapi dengan kamar mandi di dalam, yang merupakan perbedaan utama dengan Rusunawa sebelumnya," kata Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Unsoed Dr. Adi Indrayanto, S.E., M.Sc.

Menurut dia, Gedung Rusunawa II terdiri atas 3 lantai dengan total 44 kamar tidur dan area parkir yang luas

Selain itu, kata dia, penghuni Rusunawa II akan mendapatkan pembinaan softskill pendidikan tambahan. 

Baca juga: Seorang peserta UTBK Unsoed kerjakan ujian di dalam mobil karena sakit

"Kami berencana untuk melakukan pembinaan secara rutin setiap 3 bulan sekali dan memberikan edukasi tertentu kepada para penghuni agar mereka dapat mengembangkan softskill yang berharga," jelasnya.

Ke depan, kata dia, Unsoed berencana untuk membangun rusunawa yang lebih modern dengan dua menara di sebelah utara Gelanggang Olahraga Soesilo Soedarman.

Menurut dia, proyek tersebut akan didukung oleh dana wakaf dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). 

"Rusunawa mahasiswa modern ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pengembangan softskill serta fasilitas olahraga seperti gedung olahraga dan kolam renang," katanya.

Indrayanto mengharapkan dengan adanya pembangunan rusunawa yang dilengkapi dengan fasilitas modern itu, penghuninya dapat membentuk komunitas yang solid dan memiliki softskill yang kuat untuk menghadapi tantangan pada masa depan.

Baca juga: FISIP Unsoed dan BorIIS Universiti Malaysia Sabah perkuat kerja sama
Baca juga: Unsoed raih terbaik kedua penyelenggaraan SAKIP
Baca juga: Unsoed cabut peraturan rektor terkait besaran UKT 2024

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024