Semarang (ANTARA) - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri pada kegiatan puncak peringatan Hari Buruh Internasional 2024 di GOR Wisanggeni Kota Tegal, Rabu (1/5) berharap para pekerja kompeten dan terampil agar mampu bekerja dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas sekaligus sebagai faktor penting penentu keberhasilan perusahaan.

"Dengan tema kerja bersama mewujudkan pekerja atau buruh kompeten dan tagline may day is terampil day, Pj Wali Kota menyampaikan kompetensi pekerja merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Pekerja yang kompeten akan mampu bekerja dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas," kata Dadang Somantri.

Dadang mengatakan peringatan Hari Buruh setiap tanggal 1 Mei, tidak luput dari sejarah panjang bangsa Indonesia di masa kolonial Hindia Belanda. 

"Pada dasarnya peringatan Hari Buruh internasional atau may day dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya komitmen untuk membangun kembali hubungan industrial yang bermartabat serta memupuk hubungan dunia ketenagakerjaan yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan antara pekerja, pengusaha, serta pemerintah," tambah Dadang. 

Menurutnya peringatan Hari Buruh sekaligus sebagai momentum untuk mengurai permasalahan dan problematika ketenagakerjaan serta gejolak ketenagakerjaan yang kita hadapi selama ini, sehingga tercapainya win win solution dan keharmonisan antara dunia usaha dan pekerja, apalagi jika mengingat kedua belah pihak pada dasarnya bukan pesaing, akan tetapi mitra yang harus berjalan seiring serta diantara keduanya harus terjadi simbiosis mutualisme.

Ketua Pelaksana Peringatan May Day Adi Iman Santoso menyampaikan maksud dari peringatan tersebut yakni untuk menjalin hubungan baik antara pekerja atau buruh dari berbagai perusahaan melalui serangkaian acara di Kota Tegal.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh sinergi unsur tripartit, dengan menjadikan peringatan may day sebagai sarana memantapkan hubungan industrial yang dinamis, harmonis, dan berkeadilan," kata Adi.

Sejumlah rangkaian dalam rangka Hari Buruh di antaranya dilakukan pengukuhan relawan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba) yang disaksikan langsung oleh Pj Wali Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Forkopimda dan perwakilan perusahaan dan pekerja. Selain itu penyerahan hadiah pemenang lomba futsal, tenis meja, senam kreasi, yel-yel perusahaan, serta penyerahan doorprize.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024