Jepara (ANTARA) -
Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, meningkatkan patroli ke sejumlah objek wisata sebagai upaya memberikan jaminan keamanan dan situasi wilayah yang kondusif terhadap pengunjung objek wisata selama libur Lebaran.
 
"Sejumlah lokasi wisata yang menjadi sasaran patroli, yakni Pantai Bandengan, Pantai Kartini, Pantai Teluk Awur, Pulau Panjang, dan objek-objek wisata lain yang diprediksi ramai pengunjung selama libur Lebaran ini," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan di Jepara, Jumat.
 
Polres Jepara, kata dia, juga akan menyiagakan personel pengamanan yang tergabung dalam Strong Point Operasi Ketupat Candi 2024 di lokasi wisata air.
 
Nantinya, imbuh dia, petugas yang ditunjuk akan berjaga setiap hari, demi memastikan objek wisata tersebut aman dan lancar.
 
Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono mengajak warga Kabupaten Jepara dan sekitarnya yang hendak berwisata air untuk memastikan keamanannya, terutama yang hendak menaiki perahu wisata harus memakai jaket pelampung (life jacket).
 
"Masyarakat harus membudayakan keselamatan sebagai prioritas selama berwisata di air," ujarnya.
 
Selain itu, Kompol Sutono juga mengimbau pengelola dan operator perahu wisata air untuk tidak menaikkan penumpang melebihi kapasitas muat perahu wisata, demi menghindari potensi kecelakaan di air.
 
Ia juga mengingatkan warga sebelum bepergian jauh memastikan tempat tinggalnya terkunci dengan aman serta memastikan colokan listrik dan regulator kompor gas telah dicabut.
 
Polres Jepara selama Operasi Ketupat Candi 2024 menerjunkan 500 personel, ditambah personel TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan instansi terkait lainnya.
 
Sementara untuk pengamanan Lebaran tahun 2024, Polres Jepara menyiapkan 31 pos titik strong point, baik yang ada di jalur milir Lebaran maupun objek wisata.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024