Temanggung (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyediakan dana Rp4 miliar yang bersumber dari APBD 2024 untuk perbaikan jalan, termasuk jalur mudik Lebaran 2024.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Temanggung Khamim Gunardi di Temanggung, Selasa, mengatakan kerusakan meliputi aspal mengelupas, bergelombang hingga berlubang di badan jalan karena tergerus air hujan.

"Hari ini kita melakukan kegiatan pemeliharaan ruas jalan sebagai upaya persiapan mudik, seperti di ruas jalan Geneng-Maron ini petugas harus mengeruk sisa material di lubang-lubang tersebut kemudian ditambal aspal," katanya.

Tahun ini masing-masing unit pelayanan teknis daerah (UPTD) memperbaiki empat hingga lima ruas jalan.

Ia berharap dengan kondisi jalan yang bagus tersebut dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik yang melintasi Temanggung.

"Untuk masing-masing UPTD diberikan target waktu H-5 Lebaran kita sudah selesai harapannya demikian," katanya.

Ia menuturkan untuk jalur Geneng-Maron ini sebetulnya sudah dianggarkan untuk 2024 ada kegiatan cor jalan dengan nilai sekitar Rp10 miliar, namun karena menjelang Lebaran diperbaiki dulu.

Pada arus mudik, jalur tengah yang melintasi Kabupaten Temanggung difungsikan untuk mengurai kemacetan di jalur Pantura dan Selatan Jawa.

Baca juga: Jalur Pantura Demak-Kudus akhirnya dibuka total

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024