Pemalang (ANTARA) - Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah, memberlakukan pengalihan arus lalu lintas kendaraan di jalan pantai utara (pantura) Comal selama adanya pekerjaan perbaikan Jembatan Comal sisi utara yang menghubungkan arus kendaraan dari arah barat ke Timur.

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya di Pemalang, Jumat, mengatakan bahwa untuk kendaraan sumbu tiga dari arah barat Kabupaten Tegal akan dialihkan melalui jalur exit tol Gandulan, Pemalang.

"Kemudian, kendaraan sumbu tiga dari arah timur (Kabupaten Batang) sudah kami koordinasikan dengan pihak terkait untuk dialihkan melalui jalur tol, dan diarahkan masuk melalui exit tol Kota Pekalongan," katanya.

Ia mengatakan bagi kendaraan sumbu dua atau kendaraan minibus dari arah timur akan dialihkan melalui jembatan Posongan.

Jembatan Posongan, kata dia, diakses melalui simpang tiga lampu pengatur lalu lintas (traffic light) Comal ke arah selatan sekitar satu kilometer, kemudian sesampai-nya di simpang tiga Perum Grand Comal, kendaraan belok ke arah timur.

Setelah melintasi jembatan Posongan, kata dia, kendaraan dari arah timur belok ke arah utara untuk kembali masuk ke jalur pantura melalui simpang tiga Waterboom Comal Baru.

"Sebaliknya dari arah barat, kendaraan sumbu dua diarahkan untuk tetap melintasi jalur pantura namun dialihkan melalui Jembatan Comal sisi selatan," tuturnya.

Yofan Fatika mengatakan pihaknya telah menempatkan sejumlah personel dari satuan lalu lintas berjaga di beberapa titik selama pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas.

"Personel akan melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas, serta memberikan pelayanan pada masyarakat yang mengalami kesulitan atau permasalahan pada kendaraan," ujarnya.

Perwakilan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian PUPR Semarang Syidiq mengatakan pengerjaan perbaikan jembatan Comal diperkirakan selesai Sabtu (16/3).

"Selesai pengerjaan, jembatan sudah dapat dilintasi kendaraan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024