Kudus (ANTARA) - Satuan Samapta Polres Kudus, Jawa Tengah, meningkatkan patroli di waktu subuh untuk mengantisipasi adanya balap liar selama bulan puasa Ramadhan sebagai upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Selama bulan suci Ramadhan, patroli memang ditingkatkan guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah terutama waktu subuh dan jelang berbuka puasa," kata Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasat Samapta AKP Ngatmin di Kudus, Rabu.

Dalam patroli tersebut, kata dia, personel Satuan Samapta menyasar remaja di sejumlah jalan yang sering digunakan balap liar.

Daerah yang diawasi sebagai lokasi balap liar, yakni di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan A. Yani, dan Jalan Lingkar Klumpit.

Hal itu, imbuh dia, sebagai wujud pelayanan prima serta menjaga situasi kamtibmas selama bulan Ramadhan agar tetap kondusif. Salah satunya dengan meningkatkan kegiatan patroli, termasuk saat subuh.

"Patroli ini juga bertujuan untuk memantau dan mengawasi aktivitas masyarakat pada waktu subuh, serta memberikan edukasi dan penegakan hukum kepada mereka yang melanggar aturan," ujarnya.

Kegiatan patroli dan razia malam dan subuh itu, juga sebagai upaya mencegah terjadinya tindak pidana mulai dari pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor di Kabupaten Kudus.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga ketertiban selama Ramadhan.

"Dengan saling mendukung dan menghormati satu sama lain, diharapkan suasana Kota Kudus tetap aman, tenteram, dan penuh berkah selama bulan suci ini," ujarnya.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024