Cilacap (ANTARA) - General Manager (GM) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap Edy Januari Utama mengatakan puasa Ramadhan bukan alasan untuk bermalas-malasan meskipun tubuh letih dan lemas. 

Hal itu disampaikan GM dalam sambutan yang dibacakan Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) RU IV Cilacap Ali Mudasir pada shalat tarawih perdana di Masjid Baiturrahim, Gunung Simping, Senin (11/3) malam.

Pada kesempatan itu, Ali Mudasir menyampaikan salah satu kejadian penting dalam sejarah di bulan Ramadhan adalah perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah. 

Menurut dia, pertempuran tersebut dimenangkan oleh kaum muslimin meskipun rasio kekuatannya sepertiga dari musuh. 

"Dalam sejarah Indonesia, pada bulan Ramadhan 1364 Hijriyah juga merupakan Hari Proklamasi Kemerdekaan, bertepatan 17 Agustus 1945," ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan refleksi substansial dari peristiwa itu adalah etos kerja dan etos juang yang tak pernah surut karena berpuasa. 

Baca juga: Pembagian paket sembako Ramadhan warnai donor darah rutin di Kilang Cilacap

"Jangan sampai puasa menurunkan produktivitas, etos kerja, dan etos juang. Jadikan puasa sebagai katalisator meningkatnya semangat juang, sehingga perusahaan ini memiliki kinerja yang semakin baik, daya saing tinggi dan meningkatkan kesejahteraan," katanya. 

Ia mengharapkan takmir dan jamaah masjid maupun mushala di lingkungan Kilang Cilacap ikut mendoakan untuk operasional kilang selalu aman, lancar, dan dijauhkan dari marabahaya. 

"Doakan pula, semoga pekerjaan yang saat ini sedang berjalan dapat berlangsung dengan aman, lancar, serta sukses," katanya.

Usai sambutan GM, dilanjutkan kuliah tujuh menit (kultum) tarawih dengan pembicara Ustadz Zulfikar dari Rumah Tahfidz Quran Kita (Qurta) Cilacap yang mengingatkan, puasa Ramadhan hendaknya semakin meningkatkan ketakwaan hamba kepada Allah SWT. 

"Jadikan puasa sebagai sarana meningkatkan ibadah kepada Allah, mendekatkan diri dengan Al Quran dan bersemangat dalam sedekah," katanya.
 
Di waktu yang sama juga digelar salat tarawih bersama tim manajemen di Masjid Baiturrahmah, kompleks perumahan Pertamina Lomanis yang dihadiri SMOM RU IV Hermawan Budiantoro, dan di Masjid Baitussalam, kompleka perumahan Pertamina Tegalkatilayu yang dihadiri Wakil Ketua Umum BDI Agus Rahmat Jamal.

Baca juga: Ikuti Gebyar Pasar Murah, Kilang Cilacap sediakan 500 paket sembako
Baca juga: Kilang Cilacap edukasi bahaya kebakaran bagi istri pekerja
Baca juga: Ini empat bidang sasaran Relpi Kilang Cilacap pada 2024

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024