Cilacap (ANTARA) - Pembagian paket sembako Ramadhan bagi penderma yang berhasil diambil darahnya mewarnai kegiatan donor darah rutin yang diselenggarakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV di Gedung Patra Graha, Cilacap, Kamis (7/3).

Antusiasme penderma dari unsur pekerja, mitra kerja, maupun masyarakat umum terlihat sejak pukul 07.00 WIB. Mereka mulai memadati gedung sisi utara sebagai loket pendaftaran dan pengecekan tekanan darah.

Di loket pendaftaran, fungsi Health PT KPI RU IV menyiapkan 5 meja pendaftaran untuk menampung penderma yang terus berdatangan. 

Dari meja pendftaran dilanjutkan verifikasi penderma, cek Hemoglobin (Hb), dan proses terakhir pengambilan darah yang dilaksanakan di gedung utama.

Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna mengatakan selain sebagai kegiatan rutin tiga bulanan, donor darah juga menjadi sarana silaturrahmi sekaligus berbagi. 

"Terlebih saat ini menjelang momentum Ramadhan dan ada beberapa komoditas kebutuhan yang naik harga, semoga paket sembako ini bermanfaat untuk peserta donor," ujarnya.

Baca juga: Ikuti Gebyar Pasar Murah, Kilang Cilacap sediakan 500 paket sembako

Ia mengharapkan kegiatan yang berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap tersebut bisa berkelanjutan untuk membantu ketersediaan darah pada bulan Ramadhan. 

"Penderma darah di setiap penyelenggaraan di Kilang Cilacap selalu tinggi. Kami sampaikan terima kasih untuk kontribusi pekerja, mitra, dan masyarakat membantu mengamankan stok darah," kata Cecep.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Cilacap dr. Fahlian Wisnu Al Maarif menyampaikan penghargaan atas kerja sama yang sudah terjalin bertahun-tahun dengan PT KPI RU IV. 

"Kami sampaikan terimakasih dengan penyelenggaraan donor darah rutin di Kilang Cilacap. Ini jelas mengamankan stok kebutuhan darah pada bulan Ramadhan, mengingat kami kerap kesulitan untuk mencari pendonor momentum Ramadhan," katanya.

Sementara dari total 888 pendaftar, tercatat 813 penderma yang berhasil diambil darahnya, dan 75 penderma dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Baca juga: Kilang Cilacap edukasi bahaya kebakaran bagi istri pekerja
Baca juga: Ini empat bidang sasaran Relpi Kilang Cilacap pada 2024
Baca juga: Tutup Bulan K3, Kilang Cilacap tegaskan komitmen terapkan HSSE di setiap operasional

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024