Solo (ANTARA) - Pengamat politik asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Agus Riewanto menyoroti banyaknya tokoh muda yang ikut meramaikan bursa Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah (Pilkada Jateng) 2024.

Berdasarkan hasil polling yang beredar di Solo, Jawa Tengah, Rabu, beberapa tokoh muda yang terlihat ikut meramaikan bursa peserta Pilkada Jateng, di antaranya mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Kendal Dico Ganinduto, anggota DPR RI Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono.

"Di era sekarang, dengan munculnya Gibran dinilai sebagai representasi anak muda," ucapnya.

Menurut dia, hal itu menginspirasi anak-anak muda untuk terjun ke dunia politik. Apalagi, dikatakannya, saat ini era-nya sudah berbeda karena pemilih banyak berasal dari generasi Z.

"Termasuk juga representasi pada calon gubernur Jateng," ujarnya.

Meski demikian, dikatakannya, di sisi lain pengaruh dari popularitas partai juga menjadi salah satu nilai unggul, termasuk jika dikaitkan dengan masuknya Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono ke dalam bursa tersebut.

"Karena untuk kepala daerah ada dua hal untuk kepemimpinan, yang pertama karena ketokohan, kedua karena jejaring sosial dan mesin politik kuat dan ini pasti partai," tuturnya.

Oleh karena itu, menurut dia partai politik memiliki pengaruh besar pada keterpilihan seseorang.

Sementara itu, salah satu dukungan datang dari perkumpulan petani yang mengatasnamakan Tani Merdeka untuk Sudaryono. Ketua Tani Merdeka Don Muzakir mengatakan selama ini sosok Sudaryono cukup dekat dengan para petani, nelayan, pedagang, dan UMKM.

"Beliau telah banyak membantu para petani, pedagang, dan nelayan melalui pendekatan advokasi," imbuhnya.

Selain itu, menurut dia, Sudaryono juga dinilai telah banyak berkontribusi dalam pembinaan masyarakat Jateng.

"Beliau punya kedekatan juga dengan Pak Prabowo dan berhasil membawa kemenangan untuk Prabowo-Gibran di Jateng," katanya.

Terkait hal itu, Ketua DPC Partai Gerindra Surakarta Ardianto Kuswinarno mengatakan telah menyiapkan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono untuk maju Pilkada Jateng 2024.

"Sementara ini kami menyiapkan satu nama Sudaryono untuk maju ke Jateng," tegasnya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024